Show simple item record

dc.contributor.authorToyyibah, Ainun
dc.date.accessioned2023-07-24T08:16:21Z
dc.date.available2023-07-24T08:16:21Z
dc.date.issued2023-07-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7578
dc.description.abstractProblematika seputar Pendidikan Agama Islam disekolah memunculkan banyak pendapat serta wacana tentang apa dan bagaimana seharusnya pembelajaran Pendidikan agama Islam dilaksanakan. Persoalan selama ini adalah Pendidikan agama Islam disekolah hanya diajarkan sebagai sebuah pengetahuan saja tanpa adanya penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga fungsi Pendidikan agama Islam sebagai salah satu penanaman karakter religius bagi siswa tidak tercapai dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan menuangkannya dalam skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Penanaman Karakter Religius Siswa Di SMP Raden Fatah Batu”. Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu terkait (1) Bagaimana karakter religius siswa di SMP Raden Fatah Batu? (2) Apa strategi guru PAI dalam penanaman karakter religius siswa di SMP Raden Fatah Batu? (3) Apa Faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam penanaman karakter religius siswa di SMP Raden Fatah Batu? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasi karakter religius siswa di SMP Raden Fatah Batu. (2) Mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasi strategi guru PAI dalam penanaman karakter religius siswa di SMP Raden Fatah Batu. (3) Mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman karakter religius siswa di SMP Raden Fatah Batu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data collection/pengumpulan data, display/penyajian data, dan verivikasi/menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan terkait strategi guru PAI dalam penanaman karakter religius siswa di SMP Raden Fatah Batu sebagai berikut: (1) Karakter religius siswa di SMP Raden Fatah Batu beragam sesuai dengan potensi serta latar belakang siswa itu sendiri, tedapat siswa yang sudah tertanam kokoh karakter religius dalam dirinya, terdapat siswa yang belum memiliki karakter religius sama sekali dan terdapat siswa yang sudah tertanam karakter religius dalam dirinya damun luntur. (2) Strategi guru PAI dalam menanamkan karakter religius pada siswa beragam yaitu melakukan pembiasaan, keteladanan, influence melalui slogan dan tulisan (poster), Pembelajaran PAI, kegiatan keagamaan, bimbingan membaca Al-Qur’an, kajian kitab kuning, Menyusun furudhul ‘ainiyah, serta melakukan pendekatan kepada wali murid. (3) faktor pendukung dalam penanaman karakter religius yaitu dorongan dari dalam diri siswa itu sendiri, kekompakan semua guru, terdapat buku pengendali mutu, terdapat guru khusus bimbingan membaca Al-Qur’an, dekat masjid, memiliki laboratorium agama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran diri siwa, kurangnya dukungan orangtua, latarbelakang keluarga yang berbeda, pergaulan yang salah serta fasilitas yang kurang memadai. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religiusen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Karakter Religius Siswa di SMP Raden Fatah Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record