dc.description.abstract | Mengidentifikasi dan menganalisis para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam penerapan sistem informasi akuntansi untuk meningkatkan strategi bisnisnya di 6 (enam) kecamatan Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner terbuka serta tertutup kepada 55 pelaku UMKM di 6 (enam) Kecamatan Kabupaten Probolinggo dan melalui wawancara secara langsung. Dengan analisis data deskriptif dan analisis Strengths, Weakness, Opportunitties, Threats (SWOT).
Berdasarkan hasil penelitian ke 55 pelaku UMKM di 6 (enam) Kecamatan Kabupaten Probolinggo sebagian besar masih menggunakan serta menerapkan manajemen tradisional atau secara manual dalam melakukan pelaporan keuangannya dan minimnya pemahaman mengenai sistem informasi akuntansi, oleh sebab itu strategi bisnisnya tidak tepat untuk meningkatkan usahanya. Strategi bisnis yang mengenai faktor kekuatan dan kelemahan para UMKM di Kabupaten Probolinggo yakni faktor kekuatannya masih menerapkan strategi secara online dan untuk kelemahannya yakni akses pemasaran. Namun, untuk faktor peluang dan ancaman ialah sebagai berikut peluangnya adalah pembangunan yang merata dan faktor ancamannya kenaikan harga bahan baku.
Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Strategi Bisnis, UMKM | en_US |