dc.description.abstract | Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Kondisi lingkungan dan keprofesionalitas guru pai berpengaruh terhadap strategi dan model pembelajaran agama Islam yang diterapkan pada peserta didik. Oleh sebab itu dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan terus-menerus. Pendidikan agama islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan, memhami, meyakini dan mengamalkan ajaran islam melalui kegiatan bimbingan atau pengarahan dengan baik. Ibadah adalah salah satu kewajiban yang diajarkan oleh pendidikan agama islam untuk diterapkan dan ditingkatkan. Salah satu strategi yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP NU Pakis dalam meningkatkan ibadah adalah strategi ekspositori. Melalui strategi ini, pendidik menyampaikan materi secara verbal atau bertutur secara lisan dengan harapan bahwa apa yang disampaikan dapat dikuasai peserta didik dengan baik. Strategi ekspositori merupakan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pendidik sehingga peranana pendidik sangat dominan dalam pembelajaran untuk memberikan pemahaman, nilai-nilai, dan keterampilan kepada peserta didik.
Dari konteks penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang bagaimana strategi yang digunakan dalam meningkatkan ibadah, bagaimana implentasi strategi tersebut dalam meningkatkan ibadah dan apa saja faktor pendukung serta penghambat strategi pembelajaran pai dalam meningkatkan ibadah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam meningkatkan ibadah, mendeskripsikan implementasi strategi tersebut dalam meningkatkan ibadah serta faktor penghambat dan pendukung strategi tersebut dalam meningkatkan ibadah di SMP NU Pakis. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yatu guru pendidikan agama islam, guru praktik pai (apl pai) dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya strategi ekspositori yang diterapkan pai dalam meningkatkan ibadah di SMP NU Pakis peserta didik cenderung lebih interaktif dalam pembelajaran pai. Dalam pengimplementasian strategi ekspositori ada beberapa aspek yang perlu di perhatikan agar strategi ekspositori dapat berjalan dengan baik, yakni persiapan, penyajian, kolerasi, menyimpulkan dan mengaplikasikan. Guru memiliki harapan keberhasilan dalam implemetasi strategi ekspositori meskipun terdapat faktor penghambat dan pendukung.
Kata Kunci : Startegi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Ibadah | en_US |