Show simple item record

dc.contributor.authorRahmansyah, Tania Diniantsani Savitri
dc.date.accessioned2023-07-27T01:07:51Z
dc.date.available2023-07-27T01:07:51Z
dc.date.issued2023-07-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7609
dc.description.abstractPerkembangan teknologi multimedia berpotensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainya. Multimedia menyediakan peluang bagi guru untuk mengembangkan teknik pembelajaran yang maksimal, menyampaikan informasi secara cepat dan efisien. Sumber informasi tidak lagi terfokus pada teks dari buku semata, namun lebih luas dari itu. Kemampuan multimedia yang telah terhubung internet menambah kemudahan dalam mendapatkan informasi yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali informasi tentang: 1) Perencanaan pembelajaran Fiqih dengan menggunakan Multimedia interaktif berbasis power point pada siswa kelas 7 MTs Hasyim Asy’ari Batu. 2) Penerapan pembelajaran Fiqih dengan menggunakan Multimedia interaktif berbasis power point pada siswa kelas 7 MTs Hasyim Asy’ari Batu. 3) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Fiqih dengan menggunakan Multimedia interaktif berbasis power point pada siswa kelas 7 MTs Hasyim Asy’ari Batu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu peneliti hadir langsung ke lokasi di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Perencanaan pembelajaran Fiqih berbasis power point, yaitu persiapan power point, materi, sarana prasarana, serta pertanyaan dalam bentuk kuis dan lembar kerja. Penerapan pembelajaran Fiqih berbasis power point, dengan langkah-langkah: Apresepsi, penyampaian materi, kuis, me-review materi, serta lembar kerja sebagai penilaian. Faktor-faktor yang mendukung pemanfaatan penelitian ini yaitu: SDM guru Fiqih, keefektifan penyampaian, power point yang menarik, serta sarana prasarana yang mendukung. Sedangkan kendala yang didapati yaitu pemadaman listrik, serta sarana prasarana yang eror atau rusak. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan adanya pemanfaatan multimedia interaktif berbasis power point lebih memudahkan guru dan siswa, sehingga antusiasme terhadap pembelajaran Fiqih lebih efisien dan memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pemanfaatan Multimedia Interaktif, Power Point, Pembelajaran Fiqihen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPemanfaatan Multimedia Interaktifen_US
dc.subjectPower Pointen_US
dc.subjectPembelajaran Fiqihen_US
dc.titlePemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point pada Pembelajaran Fiqih Kelas MTs Hasyim Asy’ari Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record