Implementasi Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) dalam Pekermbangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TA Al Kautsar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang
Abstract
Berbagai kegiatan tentunya telah dirancang untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Berdasarkan pra observasi di TA Al Kautsar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Penerapan pembelajaran menyenangkan (Joyfull Learning) terlaksana cukup baik. Model pembelajaran yang digunakan model sentra dan strategi pembelajaran yang dilakukan adalah stratgei yang berpusat pada anak. Pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran di TA Al Kautsar Anak diberi kebebasan untuk memilih kegiatannya sendiri. Dalam penyampaian pembelajaran guru menggunakan berbagai metode, salah satunya metode bercerita dan bernyanyi. Dari penerapan pembelajaran menyenangkan di TA Al Kautsar sangat mempengaruhi perkembangan anak terutama pada perkembangan sosial emosional, dikarenakan di TA Al Kautsar sudah tidak menggunakan LKS atau LKA agar anak bisa bergerak dan bermain sesuai dengan prinsip Joyfull Learning. Perkembangan sosial emosional anak berkembang secara maksimal sesuai pada indikator tahap perkembangan anak, hal ini di buktikan dari tingkah laku anak saat pra observasi berlangsung.
Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pembelajaran menyenangkan (Joyfull Learning) dalam perkembangan sosial emsoional anak usia 5-6 tahun, implementasi konsep pembelajaran menyenangkan (Joyfull Learning) dalam perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun, dan evaluasi dari implementasi konsep pembelajaran menyenangkan (Joyfull Learning) dalam perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan oberservasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan usaha-usaha yang dilakukan, didapatkan hasil penelitian bahwasanya perencanaa pembelajaran menyenangkan (Joyfull Learning) disesuaikan dengan silabus dan indikator pencapaian perkembangan seosial emosional anak, sehingga perencanaan yang direncanakan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak. implementasi konsep pembelajaran menyenangkan (Joyfull Learning) dalam perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TA Al dilakukan menggunakan model pembelajaran sentra, dengan metode bernyanyi, bercerita, bermain. pada kegiatan pembelajaran menyenangkan (Joyfull Learning) anak diberi kebebasan dalam memilih kegiatannya sendiri mana yang lebih dahulu ingin dikerjakan. Hasil dari evaluasi implementasi pembelajaran menyenangkan (Joyfull Learning) guru mengatahui perkembangan sosial emosional anak melalui antusias anak selama kegiatan pembelajaran. Guru memberikan terapis kepada anak yang belum berkembang guna meningkatkan motivasi belajar anak.
Kata Kunci : Anak Usia 5-6, Pembelajaran Menyenangkan, Sosial Emosional