dc.description.abstract | Ketika seorang anak menginjak usia sekolah dasar sudah mulai sibuk dengan media sosial yang mereka miliki, faktor ini menjadi dampak pada minat belajar anak dan bukan itu saja, bahkan sampai berdampak pada akhlak anak itu sendiri, karena mudahnya anak dalam mengakses sebuah informasi yang berada di HP maupun yang berada di sosial media tanpa adanya batasan usia. Dalam pembelajaran media sosial dapat digunakan untuk memudahkan guru dan siswa dalam mengakses komunikasi dan mengakses informasi. Akan tetapi media sosial juga berdampak pada akhlak siswa jika dalam penggunaanya tidak diawasi atau digunakan secara berlebihan. Di MI Al-Maarif 02 Singosari Malang pembentukan akhlak siswa sangat diperhatikan oleh kepala sekolah, guru dan wali murid, sehingga penggunaan media sosial selalu diawasi agar tidak terjadi penyalahgunaan yang dilakukan siswa terutama siswa kelas VI.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan dan dampak media sosial terhadap perkembangan akhlak siswa kelas VI di MI Al-Maarif 02 Singosari Malang. Dan untuk mengetahui Langkah-langkah guru dalam mengantisipasi dampak negatif penggunaan media sosial terhadap akhlak siswa kelas VI MI Al-Maarif 02 Singosari Malang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dimana peneliti mengamati, mendalami dan memahami tentang fenomena yang terjadi. Jenis penelitian adalah studi kasus dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi adalah kegiatan mengamati fenomena secara sistematis, wawancara adalah kegiatan pengumpulan data yang dilakukan dengan percakapan antara peneliti dan partisipan, daan dokumentasi adalah pencarian dan kumpulan data yang berupa catatan foto dan sebagainnya.
Hasil dari penelitian ini adalah Media sosial dapat digunakan disemua kalangan. Dalam penggunaan media sosial siswa harus lebih berhati-hati dalam menggunaan media sosial apalagi tidak didampingi oleh orang tua hal tersebut dapat mengakibatkan penyimpangan akhlak. Penggunaan media sosial pada anak usia Madrasah Ibtida’iyah sangat berpengaruh terhadap akhlak siswa. Dampak dari penggunaan media sosial ada yang negatif dan juga, dampak secara positifnya siswa dapat berkomunikasi dengan mudah dan memiliki wawasan yang luas tidak hanya siswa guru juga mendapatkan hal positif dalam penggunaan media sosial yaitu guru dengan mudah memberikan tugas maupun memberikan materi secara online. Dampak secara negatif anak dapat berkata tidak jujur dan juga dapat berkata tidak sopan terhadap siswa lain,guru dan juga terhadap orang tua, dan tidak hanya itu siswa juga dapat mengakses yang mengarah hal pornografi dan juga kekerasan didapatkan dengan mudah dari penggunaan media sosial. Dengan perkembangan media sosial yang begitu pesat memudahkan dalam mengakses berbagai macam informasi. Langkah-langkah yang digunakan guru dalam mengantisipasi dari dampak negatif penggunaan media sosial dengan cara mengajak siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar,setiap mulai atau dipertengahan pembelajaran guru memberikan ice breaking,guru memberitahukan siswa agar berkata sopan kepada teman,guru dan juga orang tua. Guru juga harus menciptakan kelas yang multikultural agar siswa nyaman selama berada dikelas.
Kata Kunci : Media Sosial, Akhlak, Perkembangan Siswa | en_US |