Show simple item record

dc.contributor.authorSuwignyo, Prisma Wijayanti
dc.date.accessioned2020-12-07T03:27:17Z
dc.date.available2020-12-07T03:27:17Z
dc.date.issued2020-07-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/766
dc.description.abstractKualitas belajar siswa perlu diperhatikan. Namun siswa cenderung memiliki keterbatasan dalam belajar. Salah satu keterbatasan yang dialami siswa yaitu minimnya sumber belajar. Sumber belajar yang baik harus dapat memberikan suasana belajar yang menyenangkan. Minimnya sumber belajar dapat menghambat proses di dalam kelas, namun sumber belajar yang terlalu luas juga akan mengakibatkan proses belajar tidak berlangsung maksimal. Media pembelajaran sebagai salah satu penentu keberhasilan siswa dalam menyelesaikan setiap materi pelajaran. Materi puisi pada kelas X SMA menggunakan bahan ajar terbatas pada kururikulum, siswa yang gemar dengan materi puisi akan lebih mudah memproduksi diksi dari pada siswa yang tidak gemar dalam menulis puisi. Menulis puisi membutuhkan daya imajinasi dan keterampilan yang cukup tinggi. Dengan adanya media pembelajaran khusus untuk menulis puisi, kualitas produksi diksi siswa dapat terbantu dan menjadi salah satu stimulus yang baik untuk meningkatkan imajinasi siswa dalam menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan media pembelajaran pada materi puisi yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Malang. Analisis kebutuhan yang diperoleh selanjutnya dideskripsikan dalam proses pengembangan buku saku. Tujuan penelitian yang terakhir yaitu mendeskripsikan hasil uji kelayakan dari produk yang dikembangkan berupa buku saku untuk mengetahui efisiensi dan keefektifan produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (research and development) model Plomp. Memilih model tersebut karena lima fase pengembangan menunjukkan keterkaitan dan menjadi suatu langkah-langkah pengembangan yang jelas dan praktis. Data dalam penelitian ini didapatkan dari beberapa instrumen penelitian yaitu angket, lembar validasi, dan hasil uji coba produk. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini didapatkan dari analisis kebutuhan subjek penelitian yaitu guru dan siswa. Analisis kebutuhan yang didapatkan, guru membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran dalam materi puisi yang mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas belajar siswa. Sedangkan siswa membutuhkan media pembelajaran yang mampu meningkatkan semangat belajar dalam materi puisi khusunya dalam menulis puisi. Hal ini menunjukkan guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran untuk mendukung dan meningkatkan proses belajar pada materi puisi. Proses pengembangan media pembelajaran bukusitif yang dilakukan terdiri dari lima fase yang meliputi fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi, revisi, dan fase implementasi. Fase implementasi yang diterapkan dalam penelitian pengembangan ini hanya terbatas pada uji coba produk saja yang dilakukan pada tes kedua. Produk pengembangan yang dihasilkan yaitu media pembelajaran dengan nama produk “Bukusitif” sebuah akronim dari Buku Saku Diksi Kreatif. Isi media pembelajaran bukusitif terdiri dari bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penunjang. Pada bagian isi sebagai inti produk, bukusitif difokuskan pada kumpulan diksi, sinonim diksi, makna diksi, dan contoh rangkaian diksi. Pada media pembelajaran bukusitif juga dilengkapi dengan infografik dan kolom kegiatan untuk menunjang pemahaman siswa terhadap materi puisi khusunya untuk meningkatkan produksi diksi siswa kelas X. Hasil uji kelayakan terhadap bukusitif dari ahli bahasa mendapatkan rata-rata nilai persentase sebesar 89,5%. Hasil uji ahli media dan kegrafikaan mendapatkan rata-rata nilai persentase 95,2%. Hasil uji praktisi terhadap bukusitif mendapatkan rata-rata nilai persentase sebesar 75%. Dan hasil yang didapatkan dari uji coba produk bukusitif memiliki keefektifan 91,5% pada data hasil keterbacaan (kejelasan produk). Data hasil penilaian keefektifan bukusitif dari segi ketertarikan dan respon siswa memiliki nilai persentase 88%. Berdasarkan data yang didapatkan, menunjukkan bahwa media pembelajaran bukusitif yang dikembangkan layak digunakan dengan memperhatikan perbaikan yang disarankan. Respon yang berikan oleh peserta didik juga menunjukkan ketertarikan yang cukup baik terhadap media pembelajaran bukusitif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectMenulis Puisien_US
dc.subjectBukusitifen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Bukusitif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 7 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record