dc.description.abstract | Inovasi pembelajaran Akidah Akhlak merupakan suatu ide, produk, informasi teknologi, kelembagaan, perilaku, nilai-nilai, atau praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, dan digunakan atau diterapkan oleh sebagian besar lembaga pendidikan yang dapat mendorong terjadinya perubahan yang lebih baik, baik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maupun mata pelajaran umum. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa MINU Raden Rahmat Ngerong Gempol Pasuruan? 2) Bagaimana Penerapan Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa MINU Raden Rahmat Ngerong Gempol Pasuruan? 3) Bagaimana Hasil Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa MINU Raden Rahmat Ngerong Gempol Pasuruan?.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kepada informan yaitu kepala madrasah, Wakasek kesiswaan, dan guru Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah NU Raden Rahmat Ngerong Gempol Pasuruan. Sebagai subjeknya adalah guru pelajaran Akidah Akhlak kelas II. Tahapan penelitian dimulai dengan tahapan: pralapangan, pekerjaan lapangan, analisa data dan pelaporan hasil penelitian, dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan data.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Perencanaan Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Raden Rahmat, pendidik membuat RPP dan mencatumkan strategi dan metode pembelajaran ceramah, diskusi, tanya jawab, hafalan, dan keteladanan dalam komponen RPP. 2) Penerapan Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Raden Rahmat. Di Madrasah Ibtidaiyah NU Raden Rahmat, pendidik mengikuti RPP dalam pelaksanaan inovasi pembelajaran Akidah Akhlak, Pendidik mengkolaborasikan metode pembelajaran ceramah dengan diskusi dan hafalan, terkadang tanya jawab dengan keteladanan , dan terkadang ceramah dengan tanya jawab dan diskusi. 3) Hasil Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Raden Rahmat, Dengan adanya inovasi pembelajaran akidah akhlak ini, siswa dan siswi banyak yang sudah dibekali akhlakul karimah oleh guru, agar kelak ketika menjadi lulusan dari Madrasah ini mereka menjadi kepribadian yang berakhlakul karimah ketika terjun di kalangan masyarakat.
Kata Kunci : Inovasi Pembelajaran, Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah | en_US |