Show simple item record

dc.contributor.authorChusniah, Anisa Ivadatul
dc.date.accessioned2023-08-02T04:59:36Z
dc.date.available2023-08-02T04:59:36Z
dc.date.issued2023-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7729
dc.description.abstractDegradasi moral atau karakter disiplin menjadi sorotan utama dalam pendidikan. Pendidikan tidak hanya berbagi ilmu saja tetapi juga perlu berbagi nilai-nilai karakter. Sekolah merupakan lingkungan utama dalam mengaktualkan pendidikan karakter. Fenomena yang beredar merosotnya nilai karakter disiplin pada masa pandemi, oleh karenanya salah satu langkah untuk membentuk karakter disiplin yaitu pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali informasi tentang: 1) Upaya guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter disiplin siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Ma’arif 02 Malang 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu peneliti hadir langsung ke lokasi di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: upaya guru PAI dalam membentuk karakter disiplin siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Dalam perencanaan pembelajaran guru PAI menyusun RPP, dan melakukan pembiasaan-pembiasaan. Selanjutnya dalam pelaksanaan pembelajaran guru PAI membentuk karakter disiplin siswa dengan menyelipkan nilai-nilai karakter disiplin siswa pada materi pembelajaran, memberi teladan tentang karakter disiplin siswa dan mengkaitkan dengan contoh pada kehidupan sehari-hari, Memberi nasihat, bimbingan,arahan kepada siswa jika siswa yang melanggar peraturan di kelas. Sedangkan evaluasi pembelajaran guru PAI dalam membentuk karakter disiplin siswa dengan dengan kontol terhadap siswa, reward dan punishment. Faktor yang mendukung dalam membentuk karakter disiplin siswa yaitu: guru, aturan sekolah dan lingkungan sekolah. Faktor yang menghambat dalam membentuk karakter disiplin siswa antara lain: orang tua, media sosial, individu dan lingkungan. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pembiasaan yang baik kepada siswa yang sesuai dengan nilai pendidikan karakter disiplin. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Karakter Disiplin, Pembelajaran PAIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectUpaya Guru PAIen_US
dc.subjectKarakter Disiplinen_US
dc.subjectPembelajaran PAIen_US
dc.titleUpaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Ma’arif 02 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record