Show simple item record

dc.contributor.authorMurobba, Moh. Fahman
dc.date.accessioned2023-08-02T05:08:25Z
dc.date.available2023-08-02T05:08:25Z
dc.date.issued2023-07-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7735
dc.description.abstractPeneliti melaksanakan observasi pada proses pembelajaran yang berada di SMPI Bani Hasyim melihat bahwa proses pembelajaran di lembaga pendidikan tersebut mempunyai konsep integrasi IPA dengan PAI yang di mana integrasi IPA dengan PAI begitu penting dikarenakan hubungan antara IPA dengan PAI tidak dapat dipisahkan yang artinya saling sambung dan juga melihat bahwa kebanyakan lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan umum hanya terfokus pada satu ilmu pengetahuan umum saja tanpa didasari dengan ilmu pengetahuan agama atau pemahaman terhadap agama sehingga hanya terfokus pada hal-hal umum saja, begitupun juga dalam lembaga pendidikan Islam juga terkadang memisahkan antara ilmu pengetahuan umum dengan ilmu pengetahuan agama sedangkan seharusnya ilmu pengetahuan umum haruslah memiliki sambungan atau keterkaitan antara ilmu pengetahuan alam dengan pengetahuan agama. Sehingga dari observasi yang dilaksanakan peneliti terkait pembelajaran integrasi IPA dengan PAI di SMPI Bani Hasyim diharapkan dari pembelajaran tersebut dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa mengenai IPA dengan PAI sebetulnya sambung dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran integrasi IPA dengan PAI di SMPI Bani Hasyim (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran integrasi IPA dengan PAI di SMPI Bani Hasyim (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran integrasi IPA dengan PAI di SMPI Bani Hasyim. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan lokasi penelitian di SMPI Bani Hasyim Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengambilan data yang penting setelah itu dilakukan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi dengan teman sejawat dan tringulasi. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengenai “Implementasi Pembelajaran Integrasi IPA dengan PAI di SMPI Bani Hasyim Malang” sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran integrasi IPA dengan PAI di SMPI Bani Hasyim berawal dari kebijakan kurikulum yang mengintegrasikan setelahnya para guru merancang perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP serta Silabus yang di dalamnya terkandung materi, strategi, metode serta tujuan untuk digunakan ketika pelaksanaan pembelajaran integrasi IPA dengan PAI (2) Pelaksanaan pembelajaran integrasi IPA dengan PAI di SMPI Bani Hasyim disesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan oleh kurikulum dan pelaksanaan berjalan sesuai dengan RPP untuk mengetahui materi serta tujuan yang akan dicapai dan dari pelaksanaan tersebut guru melaksanakan 3 Tahapan yaitu, pembukaan, inti, penutup (3) Penilaian pembelajaran integrasi IPA dengan PAI di SMPI Bani Hasyim sesuai dengan materi yang disampaikan dan juga bisa menggunakan penialaian secara langsung berdasarkan pengamatan guru ataupun dengan tes atau ulangan, dan juga bisa berupa pengerjaan suatu proyek penerapan dari materi integrasi IPA dengan PAI. Kata Kunci: Implementasi, Integrasi IPA dengan PAIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectIntegrasi IPA dengan PAIen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Integrasi IPA dengan PAI di Smpi Bani Hasyim Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record