dc.description.abstract | Di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Karangploso Malang masih adanya peserta didik yang perlu pembinaan lebih lanjut mengenai karakter sosial, karena masih adanya peserta didik yang bersikap tidak netral pada permasalahan yang ada seperti, peserta didik yang berpihak pada teman yang melakukan kesalahan karena merupakan teman dekatnya. Jadi perlu adanya pembinaan karakter lebih lanjut pada peserta didik.
Fokus penelitian ini yaitu, 1) Perencanaan implementasi pembelajaran aswaja dalam pembentukan karakter sosial peserta didik. 2) Pelaksanaan implementasi pembelajaran aswaja dalam pembentukan karakter sosial peserta didik. 3) Karakter sosial peserta didik MTs Raudlatul Ulum. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang, perencanaan, pelaksanaan, dan karakter sosial peserta didik dalam judul penelitian impelementasi Pembelajaran aswaja dalam membentuk karakter sosial peserta didik di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan metode analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara pemeriksaan sejawat, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah Implementasi Pembelajaran Aswaja dalam Pembentukan Karakter Sosial Peserta Didik di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang, yang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan karakter social peserta didik. Dalam aspek perencanaan mencakup prota, promes, silabus, dan RPP. Guru di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang telah menyusunnya sesuai dengan pedoman yang ada yaitu kurikulum dari LP Ma’arif Jawa Timur. Pada aspek pelaksanaan mencakup kegitan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang telah melakukan pelaksanaan sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan sebelumnya, dengan merujuk pada prota, promes, silabus, dan RPP. Dalam hal ini, guru melakukan penerapan pembelajaran aswaja dengan memberikan pemahaman dan pembiasaan sikap yang merujuk pada pemebalajaran aswaja tersebut. Adapun karakter social peserta didik meliputi kesadaran sosial dalam beragama, dan memiliki karakter social yang baik dalam menghormati orang lain.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Aswaja, Pembentukan, Karakter Sosial | en_US |