dc.description.abstract | Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran yang terdapat dalam agama Islam. Ajaran-ajaran tersebut dalam Al-Qur’an dan Hadist untuk kepentingan pendidikan. Maka pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ajaran Islam. Tetapi yang terpenting adalah peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran tersebut tersebut dalam kegiatan sehari-hari. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang sangat menentukan dalam kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan mutu pendidikan dibutuhkan peningkatan mutu pembelajaran secara operasional yang berlangsung dikelas. Oleh karena itu, dibutuhkan manajemen pembelajaran yang baik sehingga tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat tercapai.
Dari latar belakang diatas maka penulis mengambil tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam perencanaan pembelajraan Pendidikan Agama Islam di SMP Global Islamic School Gondanglegi, mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi, dan mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Global Islamic School Al-Amin.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (Sugiyono, 2019). Sumber data yang digunakan oleh peneliti adalah sumber data primer yang didapat dari informan dan sumber data sekunder yang didapatkan dari dokumen guru ataupun staff tata usaha.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi dengan cara guru harus membuat rencana pembelajaran Pendidikan Agama Islam berupa silabus yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013, ringkasan pokok materi yang berupa program tahunan atau prota, program semester atau prosem, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 2) pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi yang dilakukan yaitu tahapan-tahapan pelaksanaan pembelajaran, program pembiasaan yang dijadikan penunjang pembelajaran, pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual, 3) evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi yang digunakan adalah evaluasi kognitif dan evaluasi berbasis karakter.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam. | en_US |