dc.description.abstract | Salah satu permasalahan yang dihadapi pada dunia pendidikan saat ini adalah proses pembelajaran di kelas yang monoton yang menyebabkan penerapan terhadap pembelajaran yang telah dulakukan di kelas tidak terimplementasi dengan baik ketika dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah membuat siswa cepat bosan dan tidak antusias dalam pembelajaran, model pembeljaran problem based learning diterapkan guna untuk memberikan suatu hal yang positif dan menyenangkan dengan mengaitkan permasalahan yang terjadi di sekitar siswa
Fokus penelitian skripsi ini adalah: Pertama, Bagaimana keaktifan siswi dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Attaroqqie Putri Malang? Kedua, Bagaimana penerapan metode problem based learning pada pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Attaroqqie Putri Malang? Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat metode problem based learning pada pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Attaroqqie Putri Malang?
Tujuan Penelitian ini adalah : Pertama, mendeskripsikan keaktifan siswi dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Attaroqqie Putri Malang, Kedua, mendeskripsikan penerapan metode problem based learning pada pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Attaroqqie Putri Malang, Ketiga, mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat menggunakan metode problem based learning pada pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Attaroqqie Putri Malang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan Data menggunakan observai, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, kecukupan resensi dan menghadiri penelitian
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu yang pertama, siswa ketika pembelajaran akidah akhlak yaitu memiliki antusias dan fokus yang tinggi namun kurang percaya diri sehingga pembelajaran kurang aktif. Kedua, penerapan metode problem based learning adalah dengan menyiapkan perangkat pembelajaran dan bahan ajar dan tahap pelaksanaan yang pada tahap ini merupakan penerapan sintaks model pembelajaran problem based learning. Ketiga, faktor pendukung yaitu adanya guru professional, motivasi siswa yang tinggi, sarana yang memadai. Faktor penghambat yaitu sebagian siswi kurang bisa berfikir kritis dan siswi kurang percaya diri.
Kata Kunci : Penerapan, Problem based Learning, Akidah Akhlak | en_US |