Show simple item record

dc.contributor.authorMutaqin, Muh. Imam
dc.date.accessioned2020-12-07T06:52:31Z
dc.date.available2020-12-07T06:52:31Z
dc.date.issued2020-07-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/774
dc.description.abstractMadrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang memiliki program jurusan takhossus Tahfidz Al-Qur’an pada jam KBM. Proses pembelajaran tahfidz tersebut di alokasikan waktunya di dalam kurikulum madrasah. Berdasarkan hasil pra-survey diketahui bahwa mata pelajaran Tahfidz untuk pengalokasian waktunya mendapat porsi lebih banyak dari mata pelajaran lain, sekitar 10 hingga 11 jam tatap muka, sehingga guru dapat menerapkan strategi pembelajaran, dan metode yang variatif. Namun berdasarkan hasil observasi awal di dalam kelas X jurusan Agama Tahfidz ada beberapa siswa yang masih belum baik bacaannya ketika menyetorkan hafalan Al-Qur’an, baik dari segi makharijul huruf maupun dari segi kaidah ilmu tajwid. Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka terdapat fokus penelitian yakni: pertama, upaya guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa kelas X di Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang. Kedua, mengenai kendala yang ditemukan selama upaya meningkatkan hafalan AlQur’an siswa kelas X berlangsung. Untuk menyelesaikan dua permasalahan di atas, maka dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode. Pertama, metode wawancara yang mana wawancara tersebut peneliti lakukan dengan narasumber siswa kelas Agama Tahfidz, guru tahfidz, wakil kepala madrasah bagian kurikulum, dan kepala madrasah. Kedua, observasi yang mana peneliti langsung datang ke lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang, untuk mengamati pembelajaran tahfidz di kelas X jurusan Agama Tahfidz. Ketiga, dokumentasi dalam hal ini peneliti mencari data dokumen resmi mengenai fokus penelitian. Berdasarkan fokus penelitian di atas, maka ditemukan hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: pertama upaya yang dilakukan guru tahfidz untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa kelas X antara lain: pertama, guru tahfidz melakukan pembiasaan ketika memulai pelajaran hingga akhir jam pelajaran seperti tawassul kepada Rasulullah, membaca Al-Fatihah bersama, membaca sholat kalamun qodim, membaca satu halaman dari qishorul suwar dengan dipimpin oleh salah satu siswa. Kedua, guru tahfidz menerapkan metode Talaqqi dalam vii pembelajaran tahfidz. Ketiga guru menerapkan metode takrir lima halaman. Keempat, guru menerapkan metode muraja’ah berpasangan pada kamis pekan pertama. Kelima, guru menerapkan metode muraja’ah bersama atau gabungan. Keenam, guru menerapkan metode satu juz satu duduk untuk proses evaluasi kualitas hafalan siswa. Ketujuh, guru menerapkan sanksi dengan memutasi siswa yang tidak sesuai target ke kelas Agama Reguler. Yang terakhir guru selalu berupaya memberikan motivasi dan semangat untuk siswa dalam proses meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa. Untuk kendala yang ditemui antara lain: pertama kondisi mengantuk yang sering dialami baik oleh guru maupun siswa. Kedua, lingkungan tempat tinggal siswa yang mempengaruhi proses menghafal AlQur’an siswa. Ketiga, bacaan siswa yang belum sesuai dengan makharijul huruf dan kaidah ilmu tajwid. Keempat, yaitu kesehatan mental yang dialami siswa karena tekanan beban target hafalan yang harus disetorkan Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu hendaknya guru tahfidz mengembangan metode evaluasi yang lebih sistematis, serta model pembelajaran yang lebih inovatif agar hasil hafalan siswa bisa lebih berkualitas dan menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectUpayaen_US
dc.subjectKendalaen_US
dc.subjectTahfidzen_US
dc.titleUpaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record