dc.description.abstract | Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Keberadaan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 4 Malang ini diharapkan berjalan dengan lancar dan terealisasi dengan baik sehingga menghasilkan pelajar-pelajar Indonesia yang berakhlak mulia, memiliki kualitas yang dapat bersaing secara nasional maupun global, mampu bekerjasama dengan siapapun dan dimanapun, mandiri dalam melaksanakan tugasnya, meniliki nalar yang kritis, serta mempunyai ide-ide kreatif untuk dikembangkan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci, bukan data yang berupa angka-angka. Hal ini karena pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam melakukan penelitian, peneliti juga memanfaatkan buku tulis, paper, alat tulis juga alat perekam untuk membantu dalam pengumpulan data. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian ini dapat menunjang keabsahan data sehingga data yang dihasilkan memenuhi standat orisinilitas. Teknik pengumpulan data kualitatif pada dasarnya bersifat tentatif karena penggunaannya ditentukan oleh konteks permasalahan dan gambaran data yang diperoleh. Dalam setiap proses pengumpulan data pasti ada teknik yang digunakan sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Dimana inti dari analisis data ini terletak ketiga proses yaitu mendeskripsikan fenomena, mengklasifikasikannya, dan melihat bagaimana konsep-konsep yang muncul itu, satu dengan lainnya berkaitan.
Hasil temuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SMKN 4 Malang, Pada proses strategi internalisasi Profil Pelajar Pancasila pada siswa di SMKN 4 Malang meliputi beberapa aspek strategi internalisasi diantaranya strategi keteladanan, strategi pembiasaan, strategi ibrah dan amtsal, strategi pemberian janji dan ancaman, serta strategi penelitian. Pada proses implementasi Profil Pelajar Pancasila pada siswa melalui kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMKN 4 Malang terdapat 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila. Pada tahap evaluasi Profil Pelajar Pancasila pada siswa melalui kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMKN 4 Malang tentunya mengalami berbagai kendala yang harus diperhatikan bersama oleh guru-guru dan pihak berwenang disana.
Kata Kunci : Internalisai, Pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila. | en_US |