dc.description.abstract | Proses mempelajari sesuatu yang baru disebut "belajar mengajar", dan melibatkan keterlibatan guru dan siswa dalam pengajaran materi. Banyak guru mengalami kesulitan dan kendala dalam melaksanakan pembelajaran materi fiqih. Agar proses belajar menghasilkan pembelajaran yang efektif dan kondusif serta menarik untuk dilihat dan didengarkan diperlukan metode pembelajaran yang menarik salah satunya yaitu metode role playing karena dengan metode ini siswa menjadi aktif dalam belajar sebab metode ini secara langsung memberi pembelajaran dengan gaya bermain sehingga siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar fiqih pada materi bab wakalah dan shulhu. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen kuantitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan hasil belajar siswa berupa angket soal pilihan ganda dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data ini menggunakan uji t dua sampel berpasangan dan mengolah data tersebut menggunakan program komputer SPSS Versi 16.0 dengan taraf signifikansi 5%. Data hasil yang diperoleh dari skor postes pada kelas Eksperimen memperoleh skor rata-rata 75,24, sedangkan kelas Kontrol memperoleh skor rata-rata 73,30. dan hasil analisis uji t pada penelitian ini diperoleh nilai 0,000 hal ini menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) < 0,05.
Berdasarkan data yang telah di paparkan dapat diketahui bahwa metode role playing berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa untuk itu metode pembelajaran role palying merupakan salah satu metode yang tepat dalam mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Metode Role Playing, Hasil Belajar | en_US |