Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Syekh Az-Zarnuji (Studi Kasus pada Siswi di Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang)

Show simple item record

dc.contributor.author Khafidloh, Faizah Nur
dc.date.accessioned 2023-08-08T05:24:53Z
dc.date.available 2023-08-08T05:24:53Z
dc.date.issued 2023-07-20
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7772
dc.description.abstract Salah satu dari banyaknya ilmu/pendidikan yang harus dipelajari oleh manusia adalah pendidikan akhlak, yang sejatinya harus sudah diterapkan sejak dini, setidaknya sebelum menginjak ke jenjang pendidikan taman kanak-kanak, pendidikan mengenai akhlak harus sudah diajarkan oleh kedua orang tuanya ketika berada dirumah. Sebab, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di lingkungan keluarga. Minimnya pendidikan akhlak bisa menjadikan runtuhnya solidaritas bangsa. Karena, sudah banyak peristiwa yang terjadi umumnya dilingkungan masyarakat yang dilatarbelakangi oleh rendahnya pendidikan akhlak. Penanaman pendidikan akhlak sudah selayaknya mendapat perhatian besar. Dengan adanya pembiasaan pendidikan akhlak, agar peserta didik memiliki pondasi budi pekerti (moral) dan menjadi media mereka dalam menemukan jati diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’limul Muta’allim, menjelaskan penerapan nilai pendidikan akhlak dan mengetahui implikasi penerapan nilai pendidikan akhlak. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1.) nilai-nilai pendidikan akhlak diantaranya niat sebelum menuntut ilmu, adab dan kewajiban menghormati guru, memuliakan ilmu dan guru, memilih ilmu dan memilih teman, kedisiplinan, kejujuran, bersungguh-sungguh, 2.) Penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak diwujudkan dalam pembiasaan do’a sebelum masuk kelas, pembacaan surat waqi’ah sebelum pelajaran pertama dimulai, mengucap salam kepada guru ketika berpapasan, bertutur kata yang baik dan sopan kepada guru, menerapkan 3S (senyum, salam, sapa) saat bertemu teman, pembiasaan shodaqoh setiap hari senin, menjenguk jika ada warga sekolah yang sakit serta takziyah jika ada yang meninggal, dan kegiatan PHBI, dan 3.) Implikasi dari penerapan nilai pendidikan akhlak menjadikan peserta didik pribadi yang senantiasa bertaqwa dan beriman kepada Allah, menjadi suri tauladan yang baik bagi sekitarnya, menjadi pribadi yang hormat dan santun kepada sesama manusia, dan mudah bersosialisasi dengan masyarakat serta apapun yang diucapkan membawa manfaat bagi yang mendengar. Kata Kunci : Implementasi, Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Ta’limul Muta’allim en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Akhlak en_US
dc.subject Kitab Ta’limul Muta’allim en_US
dc.title Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Syekh Az-Zarnuji (Studi Kasus pada Siswi di Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account