dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa keingintahuan penulis untuk mengetahui bagaimana implementasi program Tahfidzul Qur’an yang diterapkan MTsN 3 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan, serta evaluasi dari implementasi program Tahfidzul Qur’an untuk membentuk karakter disiplin di MTsN 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, dan teknik dokumentasi. Sumber data diambil dari data primer dan data skunder. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pembahasan sejawat.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa perencanaan dalam implementasi program Tahfidzul Qur’an untuk membentuk karakter disiplin peserta didik di MTsN 3 Malang meliputi beberapa tahapan yaitu studi tiru terhadap MAN 1 Gondanglegi yang telah mengimplementasikan program Tahfidzul Qur’an, menetapkan penanggungjawab program Tahfidzul Qur’an, menyusun Prota (Program Tahunan), dan menyusun Promes (Program Semester). Kemudian proses pelaksanaan dari implementasi program Tahfidzul Qur’an untuk membentuk karakter disiplin peserta didik di MTsN 3 Malang adalah waktu yang digunakan dalam pelaksanaan adalah hari senin, selasa dan kamis, metode yang digunakan adalah Ziyadah (Tambahan Hafalan), Murojaah (Mengulang-ulang hafalan) dan Setoran hafalan kepada Ustadz/Ustadzah tahfidz di MTsN 3 Malang. Adapun evaluasi dari implementasi program Tahfidzul Qur’an untuk membentuk karakter disiplin peserta didik di MTsN 3 Malang yaitu mentoring hafalan melalui buku setoran, ujian tahfidz di akhir semester.
Kata Kunci: Program Tahfidzul Qur’an, Karakter Disiplin, MTsN 3 Malang | en_US |