Implementasi Program Tahfidzul Qur’an untuk Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di MTsN 3 Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Sina, Ibnu
dc.date.accessioned 2023-08-09T03:29:47Z
dc.date.available 2023-08-09T03:29:47Z
dc.date.issued 2023-07-15
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7787
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa keingintahuan penulis untuk mengetahui bagaimana implementasi program Tahfidzul Qur’an yang diterapkan MTsN 3 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan, serta evaluasi dari implementasi program Tahfidzul Qur’an untuk membentuk karakter disiplin di MTsN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, dan teknik dokumentasi. Sumber data diambil dari data primer dan data skunder. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pembahasan sejawat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa perencanaan dalam implementasi program Tahfidzul Qur’an untuk membentuk karakter disiplin peserta didik di MTsN 3 Malang meliputi beberapa tahapan yaitu studi tiru terhadap MAN 1 Gondanglegi yang telah mengimplementasikan program Tahfidzul Qur’an, menetapkan penanggungjawab program Tahfidzul Qur’an, menyusun Prota (Program Tahunan), dan menyusun Promes (Program Semester). Kemudian proses pelaksanaan dari implementasi program Tahfidzul Qur’an untuk membentuk karakter disiplin peserta didik di MTsN 3 Malang adalah waktu yang digunakan dalam pelaksanaan adalah hari senin, selasa dan kamis, metode yang digunakan adalah Ziyadah (Tambahan Hafalan), Murojaah (Mengulang-ulang hafalan) dan Setoran hafalan kepada Ustadz/Ustadzah tahfidz di MTsN 3 Malang. Adapun evaluasi dari implementasi program Tahfidzul Qur’an untuk membentuk karakter disiplin peserta didik di MTsN 3 Malang yaitu mentoring hafalan melalui buku setoran, ujian tahfidz di akhir semester.   Kata Kunci: Program Tahfidzul Qur’an, Karakter Disiplin, MTsN 3 Malang en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Program Tahfidzul Qur’an en_US
dc.subject Karakter Disiplin en_US
dc.subject MTsN 3 Malang en_US
dc.title Implementasi Program Tahfidzul Qur’an untuk Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di MTsN 3 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account