dc.description.abstract | Kurikulum merdeka belajar merupakan kebijakan baru Kemendikbud yang mana mengarah kepada kebebasan siswa untuk menentukan arah belajar sesuai dengan minat bakat dan kebetuhan siswa itu sendiri. Kurikulum ini menekankan kepada proses pembelajaran yang lebih kreatif, kontekstua, dan yang relavan dengan kehidupan sehari-hari peserat didik.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali informasi Perencanaan yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Malang, Mengetahui pelaksanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Malang, Mengetahui hasil evaluasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplemntasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Malang
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif yang mana peneliti akan menggambarkan hasil temuan secara rinci. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi yakni pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, meotde wawancara yakni pengumpulan dengan cara melakukan tanya jawab untuk mendapatkan hasil data dari informan, dan metode dokumentasi yakni dapat diperoleh melalui dokumen-dokumen dari tempat penelitian. Dalam penelitian ini, Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan teknik kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependabilitas (dependability) dan uji obyektivitas (confirmability). Pengujian keabsahan data diharapkan mampu memberikan penguatan optimal dalam proses pengumpulan data penelitian.
Hasil penelitian, adapun Strategi Guru PAI Dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 9 Malang adalah dalam mengimplementasi suatu kurikulum, perlu yang namannya melakukan perencanaan kemudian pelaksanaan dan yang terakhir adalah penilaian. Perencanaan yang dilakukan oleh guru PAI yakni dengan mengikuti sosialisasi KMB serta studi banding ke sekolah yang terlebih dahulu menerapakan KMB, mempersiapakan perangkat pembelajaran, serta metode yang tepat dan efektif sesuai dengan konsep merdeka belajar. Pelaksanaan dilakukan sesuai dengan apa yang sudah dirancang sebelumya tinggal guru menerapkannya dalam proses pembelajaran dikelas. Selain dari perencanaan dan pelaksanaan, perlu dilakukannya evaluasi untuk mengetahui perkembangan peserta didik dan kemampuan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Evaluasi ini menggunakan tes diagnosik serta evaluasi formatif dan sumatif. Strategi yang digunakan guru PAI adalah menggunakan metode pembelajaran Problem basic leraning dan Project basic learning sesuai dengan konsep yang dijabarkan oleh kurikulum merdeka yakni memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memecahkan masalahnya sendiri agar lebih mandiri.
Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran PAI | en_US |