Show simple item record

dc.contributor.authorFauziyah, Intan Nurul
dc.date.accessioned2023-08-09T03:33:25Z
dc.date.available2023-08-09T03:33:25Z
dc.date.issued2023-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7792
dc.description.abstractSekolah ini termasuk salah satu sekolah yang memprioritaskan adanya upaya implementasi pembentukan karakter religius, dapat dilihat dalam salah satu isi visi sekolah ini adalah terwujudnya Insan Religius dan Berakhlakul Karimah dengan misi menumbuh kembangkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama sehingga mampu menjadi generasi yang berilmu amaliah. Selain itu pula sekolah ini mengupayakan pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, kreatif dan inovatif sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki. pada sekolah ini terdapat berbagai jenis latar belakang karakter siswa yang dapat di lihat dari domisili siswa, keluarga, daya dukung orang tua, sarana prasarana, dan kondisi lingkungan sekitar. Maka dari konteks penelitian diatas maka peneliti merumuskan fokus penelitian yakni Bagaimana perencanaan implementasi pembentukan karakter religius melalui pembelajaran PAI di SMP Islam Baitul Makmur Sawojajar Kedungkandang Kota Malang, Bagaimana pelaksanaan implementasi pembentukan karakter religius melalui pembelajaran PAI di SMP Islam Baitul Makmur Sawojajar Kedungkandang Kota Malang, Bagaimana evaluasi implementasi pembentukan karakter religius melalui pembelajaran PAI di SMP Islam Baitul Makmur Sawojajar Kedungkandang Kota Malang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi pembentukan karakter religius melalui pembelajaran PAI di SMP Islam Baitul Makmur Sawojajar Kedungkandang Kota Malang, Untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi pembentukan karakter religius melalui pembelajaran PAI di SMP Islam Baitul Makmur Sawojajar Kedungkandang Kota Malang, Untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi pembentukan karakter religius melalui pembelajaran PAI di SMP Islam Baitul Makmur Sawojajar Kedungkandang Kota Malang. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif karena untuk memperoleh informasi secara rinci dan terperinci dengan perolehan data yang tertulis atau lisan oleh beberapa narasumber. Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan ilmiah yang mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah (Meleong, 2008). Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian fenomenologi mencoba menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu, dilakukan dalam situasi yang alami, sehingga tidak ada batasan dalam memaknai atau memahami fenomena yang dikaji (Abdussamad, 2021). Subyek dalam penelitian ini yaitu waka kurikulum, guru PAI, guru tahfidz dan tahsin, serta peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Miles, Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengelompokan atau pembagian kelas dan ada beberapa klasifikasi tingkatan kelas yaitu kelas tahfidz,, kelas tahsin I, dan kelas tahsin II. Implementasi pembentukan karakter religius di SMP Islam Baitul Makmur menggunakan nilai religius yaitu melalui kegiatan tahfidz dan tahsin dengan metode yanbu’a, untuk menerapkan nilai-nilai religius yang diterpakan di sekolah.   Kata Kunci : Karakter Religius, Pembelajaran Pendidikan Agama Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.subjectPembelajaran Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleImplementasi Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran PAI di SMP Islam Baitul Makmur Sawojajar Kedungkandang Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record