Show simple item record

dc.contributor.authorAgustin, Suyanti Safarina
dc.date.accessioned2023-08-11T01:29:08Z
dc.date.available2023-08-11T01:29:08Z
dc.date.issued2023-05-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7808
dc.description.abstractPembelajaran konvensional yang banyak di gunakan oleh guru pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam cenderung monoton sehingga siswa kurang termotivasi dan hasil belajarnya kurang maksimal. Model pembelajaran adalah salah satu alternative pembelajaran untuk meningkatkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Dan model pembelajaran yang cocok untuk mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam adalah model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al- Mukhkishin Galis Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al-Mukhlishin Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan? (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al-Mukhlishin Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan? (3) Bagaimana hasil penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al-Mukhlishin di Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan? Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al-Mukhlishin Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al-Mukhlishin Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, dan (3) Untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al-Mukhlishin di Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di MTs Al-Mukhlishin Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pada data dilakukan dengan cara merangkum data yang penting kemudian dilakukan penarikan kesimpuan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi dengan teman sejawat dan tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diketahahui pada proses perencanaan model pembelaaran jigsaw yang dilakukan guru oleh guru adalah menyiapkan RPP, menyiapkan materi topic pembelajaran, dan menyiapkan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaanya rentetan kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan pembuka, kegitan imti dan kegiatan penutup. Sedangkan hasil yang didapatkan setelah diterpkan model pembelaran jigsaw adalah siswa lebih altif dalam proses pembelajaran, meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan dan tumbuhnya rasa social dan kerja sama antar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Jigsaw, Sejarah Kebudayaan Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectJigsawen_US
dc.subjectSejarah Kebudayaan Islamen_US
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Jigsaw Sejararah Kebudayaan Islam di MTs Al-Mukhlishin Galis Kabupaten Pamekasanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record