dc.description.abstract | Pendidikan merupakan salah satu bidang kehidupan, oleh karena itu sangat penting untuk melakukan suatu pembaharuan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya adalah dengan memilih dan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan pada mata pelajaran sejarah adalah media film. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Film Battle of Empires Fetih 1453 menceritakan tentang bagaimana proses penaklukkan kota konstatinopel yang sekarang disebut dengan kota Istanbul Turki. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, bahwa media film belum pernah diterapkan dalam pembelajaran pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam Kelas XI di MA Hasyimiyah Tuban.
Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas XI di MA Hasyimiyah Tuban, dan 2) mendeskripsikan pengaruh film Battle of Empires Fetih 1453 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas XI di MA Hasyimiyah Tuban.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen jenis pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran melalui film Battle of Empires Fetih 1453, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan media cerita yang berbentuk audio visual.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media film Battle of Empires Fetih 1453 dan kelas kontrol dengan menggunakan media cerita yang berbentuk audio visual. Hasil rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 50,50, sedangkan pada kelas kontrol adalah 49,00. Kemudian hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen adalah 85,50, sedangkan pada kelas kontrol adalah 67,00. Sedangkan hasil uji Mann-Whitney diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh film Battle of Empires Fetih 1453 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas XI di MA Hasyimiyah Tuban.
Kata Kunci: Film Battle of Empires Fetih 1453, Sejarah Kebudayaan Islam, Hasil Belajar | en_US |