dc.description.abstract | Penelitian ini di latarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa Sebagai seorang pemeluk taat agama Islam, merupakan keniscayaan untuk senantiasa merujuk pada Alquran dan Hadis dalam haliyah sehari-hari, terlebih dalam hal pendidikan akhlak. Dan tolak ukur pendidikan akhlak yang baik adalah pendidikan yang berkiblat pada Rasulullah. Namun problematika yang dihadapi saat ini dalam kelangsungan proses pendidikan akhlaq tasawuf, terdapat faktor penghambat yang berasal dari jamaahnya sendiri mengingat pengikut thariqah tijaniyyah ini bukanlah hanya dari kalangan muda melainkan orang orang yang sudah lanjut usia. Yang mana hidupnya belum bisa sepenuhnya mengingat Allah, Maka dalam kaitannya perlu adanya diterapkan pendidikan akhlak berbasis tasawuf pada zaman sekarang adalah yang terbaik. Oleh karna itu, pada pembahasan kali ini peneliti akan membahas pendidikan akhlak berbasis tasawuf pada jama’ah di kota Probolinggo.
Dalam penelitian ini di fokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu 1. Bagaimana proses pendidikan akhlak dan tasawuf pada jama’ah Tarekat Tijaniyah di kota probolinggo ? 2. Bagaimana peran muqaddam dalam pendidikan akhlak tasawuf pada jama’ah Tarekat Tijaniyah di kota Probolinggo? 3. Bagaimana evaluasi dalam pendidikan akhlak dan tasawuf pada jama’ah Tarekat Tijaniyah di kota Probolinggo ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini, adalah 1. Untuk mengetahui proses pendidikan akhlak dan tasawuf pada jama’ah Tarekat Tijaniyah di kota Probolinggo 2. Untuk mengetahui peran muqaddam dalam pendidikan akhlak tasawuf pada jama’ah Tarekat Tijaniyah di kota Probolinggo 3. Untuk mengetahui evaluasi dalam pendidikan akhlak dan tasawuf pada jama’ah Tarekat Tijaniyah di kota Probolinggo
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi dan peninjauan kajian terdahulu. Analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Tarekat Tijaniyah dalam pendidikan akhlak dan tasawuf mengacu pada prinsip mengutamakan kebutuhan para jamaahnya melalui pembiasaan dan keteladanan yang mencakup pada humanisasi/amar ma’ruf pembiasaan wirid berjamaah, liberasi/nahi munkar dengan memberi kajian seputar pengetahuan agama yang dibutuhkan terutama Fiqih dan Tasawuf, dan memberi keteladanan untuk tidak saling menyakiti, istiqomah, transendensi, dan selalu menunjukkan bahwa ridho Allah sebagai tujuan akhir.
Kata Kunci : Pendidikan Akhlak Tasawuf, Jama’ah, Thoriqoh Tijaniyah | en_US |