Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Smp Ma’arif Kota Batu

Show simple item record

dc.contributor.author Ningtiyas, Indin
dc.date.accessioned 2023-08-11T01:31:44Z
dc.date.available 2023-08-11T01:31:44Z
dc.date.issued 2023-07-15
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7811
dc.description.abstract Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam tahun pelajaran 2022/2023 di kelas VII SMP Ma’arif Kota Batu dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang diterapkan dikelas tersebut adalah metode konvensional ceramah. Guru menyampaikan materi pelajaran dengan cara ceramah kemudian memberikan penugasan berupa latihan soal. Dalam pembelajaran ini hanya sebagian siswa yang memperhatikan penjelasan guru, kebanyakan siswa merasa bosan serta jika ada materi yang yang belum dipahami siswa kurang berani untuk bertanya. Hal ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perubahan terhadap model pembelajaran yang dipakai, dalam hal ini peneliti mengimplementasikan model pembelajaran berdiferensiasi, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dengan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas VII SMP Ma’arif Kota Batu. Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian tindakan kelas dengan jenis PTK partisipan. Tahapan penelitian dilakukan menurut tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Subyek peneliti sebanyak 20 siswa. Data yang diambil berupa data tentang hasil belajar siswa serta sikap dan ketrampilan siswa ketika proses pembelajaran. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Untuk hasil belajar digunakan Standar Ketuntasan Mininal (SKM) sebagai standar ketuntasan siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I dengan rata-rata 69,75 prosentase 45% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 87,25 prosentase 85%. Nilai sikap dan ketrampilan ketika proses pembelajaran berlangsung juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan prosentase 55% meningkat pada siklus II dengan prosentase 85%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran berdiferansiasi dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dengan tema Al-Khulafau Ar- Rasyidun penerus perjuangan nabi Muhammad Saw. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan guru mampu memberikan pembelajaran yang mudah dipahami seperti mengimplementasikan model pembelajaran berdiferensiasi. Sedangkan bagi peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan mengimplementasikan pada ruang lingkup yang lebih luas. Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Smp Ma’arif Kota Batu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account