dc.description.abstract | Motivasi merupakan dorongan atau kekuatan untuk melakukan suatu kegiatan agar apa yang diinginkan bisa tercapai. Dalam proses belajar sangat dibutuhkan motivasi belajar. Motivasi belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh bagaimana anak-anak giat belajar dan memahami pelajaran, tapi juga kondisi lingkungan belajar yang mendukung akan mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Strategi guru merupakan pendekatan umum mengajar yang berlaku dalam berbagai bidang materi dan digunakan untuk memenuhi berbagai tujuan pembelajaran yang ada di sekolahan, Oleh sebab itu, manakalah rangkaian strategi guru harus terdapat kandungan materi yang beraviliasi pada prinsip nilai perubahan karakter siswa.
Hasil penelitian yang pertama perencanaan dalam meningkatkan motivasi belajar dengan dilakukannya persiapan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karateristik, minat dan bakat dari setiap peserta didik yang berbeda. Dimana dalam perencanaan tersebut disesuaikan dengan pembelajaran berdifernsiasi yang dilakukan setelah dilaksanakanya observasi dan analisis yang dilakukan oleh pendidik. Pelaksanaan yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan dilakukannya metode yang sesuai dengan siswa kelas VII yang dimana metode tersebut adalah metode diskusi dan metode demonstrasi, dalam pelaksanaan yang dilakukan guru PAI terdapat usaha untuk membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih kondusif yaitu dilakukannya ice breking dan pemberian reward kepada peserta didik dalam berkompetitif.
Pelaksanaan yang dilakukan guru PAI disesuaikan dengan perangkat ajar yang telah direncanakan dan disusul dari awal agar dalam pembelajaran tersebut guru tetap dalam tujuan pembelajaran yang diharapkan, penggunaaan perencanaan pembelajaran yang sesuai membuat peserta didik dapat lebih semangat untuk mengikuto pembelajaran yang diberikan oleh pendidik, hal ini dikarekan minat motivasi belajar siswa meningkat terhadap pembelajaran mata pelajaran yang berlangsung. Evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI dilakukan ketika selesainya proses belajar mengajar yang dimana evaluasi yang dilakukan berdasarkan dari observasi dan analisis pendidik, yang diambil dari asesmen penelian pertangahan semester, penilaian akhir semester dan ketika selesainya kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci : Strategi, Meningkatkan, Motivasi Belajar
| en_US |