Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas VII MTS Hasyim Asy’ari Batu
Abstract
Buku merupakan media yang sangat berperan penting dalam dunia
pendidikan, yakni meningkatkan peserta didik dalam berbagai aspek yang
positif. Sebagaimana pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia.
Hal tersebut dapat diartikan bahwa buku merupakan salah satu jalan untuk
menentukan kemajuan dunia. Buku yang diberikan kepada peserta didik harus
sesuai dengan tingkat pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar teks
deskripsi dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII
MTs Hasyim Asy‟ari Batu. Spesifikasi produk yang diharapkan dalam
pengembangan ini adalah bahan ajar dengan karakteristik (1) wujud, (2) isi
dan cakupan, (3) sistematika, (4) bahasa, dan (5) kegrafikan. De gan adanya
pengembangan bahan ajar ini, diharapkan mampu mendukung program
pembelajaran pada teks deskripsi. Langkah-langkah penelitian atau proses
pengembangan ini terdiri atas kajian tentang temuan penelitian produk yang
dikembangkan, mengembangkan produk berdasarkan temuan-temuan
tersebut, melakukan uji coba kelompok kecil sesuai dengan latar produk
tersebut dipakai, dan melakukan revisi terhadap hasil uji coba kelompok kecil.
Model pengembangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
pengembangan model 4D. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap
pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau
diadaptasikan menjadi model 4-P (model 4-P), yaitu pendefinisian,
perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu pada
pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripsi kualitatif
dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan menggunakan
pendekatan saintifik bahan ajar teks deskripsi dapat menambah pemahaman,
pengetahuan, dan wawasan yang lebih luas tentang materi teks deskripsi
dengan aktivitas belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dari
hasil validasi ahli materi menunjukan nilai 85% hal ini berarti bahan ajar layak
diimplementasikan dengan sedikit revisi. Angket yang digunakan dalam
x
menilai kegrafikan bahan ajar 22 butir pernyataan yang harus diisi oleh ahli
rancangan dan model pembelajaran setelah menelaah buku ajar yang telah
diberikan oleh pengembang. Hasil bahan ajar yang dikembangkan dapat
disimpulkan persentase penilaian 87% menunjukkan bahwa bahan ajar cukup
valid dan perlu adanya revisi. Setelah bahan ajar ini dinyatakan valid oleh
validasi ahli dan praktisi, selanjutnya buku ajar Mari Belajar Kreatif Dengan
Teks Deskripsi diujicobakan kepada siswa dan divalidasi dengan menggunakan
angket respon siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks
deskripsi. Dari hasil analisis angket respon siswa 87% siswa sangat setuju
bahasa yang digunakan dalam buku mari belajar kreatif dengan teks deskripsi.
Dalam penelitian ini dikembangkan bahan ajar teks deskripsi dengan
menggunakan pendekatan saintifik yang valid dan efektif. Pengembangan
bahan ajar ini menggunakan pengembangan 4-D. Pengembangan ini terdiri dari
empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau
diadaptasikan menjadi 4-P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan,
dan penyebaran. Dari hasil analisis angket respon guru diperoleh nilai 85,1%
hal ini menunjukan bahwa bahan ajar layak diimplementasikan pada
pembelajaran bahasa Indonesia khususnya teks deskripsi.