Show simple item record

dc.contributor.authorSalsabila, Imtha
dc.date.accessioned2023-08-14T03:25:03Z
dc.date.available2023-08-14T03:25:03Z
dc.date.issued2023-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7823
dc.description.abstractPenerapan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks puisi kelas X SMA dengan menggunakan kurikulum merdeka sangat cocok apabila menggunakan media yang interaktif, menarik, dan mudah untuk diakses. Dengan adanya media pembelajaran ini dapat membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar agar suasana tidak bosan, menjadi media pendamping belajar selain media belajar utama, dan materi juga lebih mudah untuk diterima. Materi teks puisi yang telah disesuaikan dengan pembelajaran kurikulum merdeka akan mempermudah siswa dalam memahami apa yang sedang dipelajari dan akan meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMA. Adanya media pembelajaran buku pendamping elektronik atau e-book akan mempermudah kegiatan ketika belajar mengajar, karena media pembelajaran ini dapat diakses secara mandiri melalui perangkat elektronik, sehingga siswa juga dapat belajar mandiri melalui media pembelajaran tersebut dimana saja dan kapan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan pengembangan media pembelajaran buku pendamping elektronik untuk materi teks puisi kelas X SMA kurikulum merdeka, mendeskripsikan proses pengembangan buku pendamping elektronik, dan mendeskripsikan kelayakan media buku pendamping elektronik untuk materi teks puisi kelas X SMA kurikulum merdeka. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan dengan cara mendeskripsikan data analisis kebutuhan guru dan siswa serta validasi oleh para ahli di Universitas Islam Malang. Pada penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran buku pendamping elektronik untuk materi teks puisi kelas X SMA kurikulum merdeka. Penelitian pengembangan media buku pendamping elektronik untuk materi teks puisi kelas X SMA, penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Subjek uji coba pengembangan buku pendamping elektronik materi teks puisi untuk siswa kelas X-8 di SMA Negeri 1 Dampit. Penelitian ini menggunakan sumber data yang terdiri dari data kualitatif dan data kuantitafif yang diperoleh dari penilaian produk yang telah dikembangkan. Data kualitatif diperoleh dari penilaian para ahli dan diperoleh dari analisis kebutuhan guru dan siswa serta uji karakteristik siswa melalui penyebaran angket kuisioner secara online dengan guru dan siswa kelas X-8 di SMA Negeri 1 Dampit. Untuk data kuantitatif diperoleh dari hasil skor lembar penilaian yang diperoleh dari lembar validasi ahli perancang pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli materi, dan ahli bahasa. Ketepatan produk atau media yang telah disusun kemudian dinilai. Ketepatan produk tersebut ditinjau dari data hasil validasi produk dan menghasilkan presentase dari penilaian para ahli yang dapat diketahui hasil rata-rata validasi ahli perancang pembelajaran 70,8%, validasi ahli media pembelajaran 86,6%, validasi ahli materi 87,5, dan validasi ahli bahasa 98,2%. Dari presentase tersebut mengatakan bahwa produk layak dan valid untuk digunakan atau di uji cobakan dengan memperhatikan catatan ahli dengan revisi. Kata Kunci: Pengembangan, Buku Pedamping Elektronik, Teks Puisien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectBuku Pedamping Elektroniken_US
dc.subjectTeks Puisien_US
dc.titlePengembangan Buku Pendamping Elektronik untuk Materi Teks Puisi Kelas X SMA Kurikulum Merdekaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record