dc.description.abstract | Perkembangan digital saat ini memudahkan dalam menerapkan media pembelajaran di kelas. Oleh karena itu perkembangan teknologi sekarang memberi dampak positif bagi tenaga pendidik. Ada beberapa pilihan media pembelajaran digital yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar salah satunya media pembelajaran audiovisual lectora inspire. Kelebihan media pembelajaran lectora inspire adalah menghasilkan bahan ajar yang variatif bisa menghasilkan video, gambar dan audio. Hal tersebut dapat bertujuan untuk mendorong semangat belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil data kebutuhan guru dan kebutuhan siswa, lalu memaparkan hasil pengembangan media pembelajaran mulai dari perancangan sampai menghasilkan produk lalu disebarkan. Media pembelajaran lectora inspire mengkaji materi teks berita kelas VII SMP. Peneliti telah memilih model yang sesuai dengan proses pembuatan produk yaitu model 4D, model tersebut memilihi empat tahapan antara lain, pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Dalam tahap ini juga melakukan penilaian terhadap validator ahli dengan memperhatikan penilaian apabila ada yang perlu direvisi dilakukan revisi produk.
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian instrumen dari setiap validator. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari penilaian komentar/saran dari para validator ahli. Penelitian ini menggunakan instrumen angket yangman aterdiri dari angket kebutuhan guru, angket kebutuhan siswa, angket karakteristik peserta didik, angket penilian ahli media, angket penilaian ahli bahasa, angket penilaian ahli isi, angket penilaian ahli perancang pembelajaran dan angket penilaian oleh pengguna.
Hasil dari penilaian validator ahli media dikategorikan sangat valid dengan memperoleh persentase 95.4%, penilaian validator bahasa dikategorikan valid dengan memperoleh persentase 85.7%, penilaian validator ahli isi dikategorikan valid dengan memperoleh persentase 81.6%, penilaian validator perancang pembelajaran dikategorikan valid dengan memperoleh persentase 86.6% sedangkan hasil penilaian oleh pengguna dinyatakan sangat valid.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Teks Berita | en_US |