Nilai Edukatif Dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata
Abstract
Sastra sebagai ilmu interdisipliner merupakan wujud gagasan seseorang
melalui pandangan terhadap lingkungan sosial yang berada disekelilingnya. Alat dalam
pengantar sastra dengan lingkungan, yakni menggunakan Bahasa yang indah.
Sedangkan sastra merupakan salah satu wahana bagi pengarang untuk
mengapresiasikan nilai-nilai pendidikan, meskipun rangkaian peristiwa dan tokoh
bersifat imajinatif tetapi kebenaran nilai kehidupan yang disampaikan pengarang tidak
bisa disangkal. Novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata meneceritakan
perjuangan seorang anak bernama Aini yang ingin mengejar cita-citanya masuk kuliah
kedokteran tetapi terhalang biaya amsuk kuliah, berlatar belakang kota belantik yang
biasa disebut kota “naif” diman masyarakat yang mempunyai sifat sopan dan ramah .
meskipun tidak memiliki pendidikan tinggi tetapi mereka mempunyai prilaku moral
yang baik. Andrea hirati mengemas kekecewaanya terhadap pendidikan pada masanya
menjadi sebuah karya sastra begitu indah. Pembaca menjadi ikut merasakan perjuangan
seorang anak miskin untuk meraih cita-citanya.
Fokus penelitian ini adalah 1)Bagaimana nilai religius yang terkandung dalam novel
Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata. 2)Bagaimana nilai moral yang terkandung dalam
novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata. 3) Bagaimana nilai sosial yang terkandung
dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata.4)Bagaimana nilai budaya yang
terkandung dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah mendapatkan gambaran atau deskripsi tentang nilai edukatif
dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata berupa nilai religius, nilai
moral nilai sosial dan nilai budaya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian
kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak
menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Data
penelitian ini berupa kata atau kutipan nilai edukatif dalam novel Orang-orang Biasa
karya Andrea Hirata. sedangkan sumber penelitian ini adalah termasuk data primer
yang berupa buku-buku atau sumber- sumber yang berkaitan dengan nilai edukatif .
Prosedur pengumpulan data penelitian ini menggunakan studi pustaka. Tenik analisis data pada penelitian ini melalui tiga tahap, reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Dan keabsahan data yang digunkan dalam penelitian yaitu triangulasi
sumber, metode dan teori.
Hasil temuan dari penelitian ini berupa, nilai edukatif dalam novel Orang Orang Biasa karya Andrea Hirata meliputi: 1) Nilai religius berupa hubangan
manusia dengan tuhan, beribdah dan berdoa 2) Nilai moral terdapat enam aspek
disiplin taat dalam segala peraturan, selalu berkata jujur dan berbuat sesuai dengan
kenyataan, tanggung jawab, selalu bekerja keras unutuk mencapai tujuan , keberanian
hidup, dan percaya diri atas kemapuan yang dimiliki. 3) Nilai sosial terdapat empat
kebersamaan , kepedulian sosial antar sesama, selalu rukun dan menghargai sesama,
dan tolong menolong. 4) Nilai budaya berupa sistem mata pecahariaan berupa usaha
yang dilakuan oleh sekelompok orang dalam memenuhi kebutuhannya.