Show simple item record

dc.contributor.authorBramantya, Fachrizal Ilmi
dc.date.accessioned2020-12-08T04:48:11Z
dc.date.available2020-12-08T04:48:11Z
dc.date.issued2020-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/788
dc.description.abstractGuru mempunyai pengaruh besar bukan hanya pada prestasi pendidikan anak, tetapi juga pada sikap anak di luar sekolah dan terhadap kebiasaan belajar pada umumnya. Karena dalam proses belajar mengajar, kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki atau dikuasai siswa setelah menempuh proses pemebelajaran/proses belajar mengajar adalah kemampuan intelektual (kognitif), sikap (afektif) dan kemampuan bertindak (Psikomotorik). Oleh karena itu sangatlah penting bagi guru untuk mengembangkan kemampuan siswa sehingga dapat tercapainya prestasi belajar. Tetapi guru juga harus memiliki kreatifitas dalam mengajar untuk memudahkan siswa meraih prestasi belajar. Berangkat dari permasalahan tersebut maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimaan metode pemebelajaran yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 8 Blitar. 2) Bagaimana media pemebelajaran yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 8 Blitar. 3) Bagaimana teknik evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 8 Blitar. 4) Bagaimanakah kendala dalam proses pemebelajaran yang terjadi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 8 Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif atau studi kasus, yaitu peneliti berangkat kelapangan untuk mengadakan pengamatan secara intensif pada kasus meningkatkan prestasi belajar kelas VII di SMPN 8 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, pengecekan keabsahan temuan, triangulasi dan ketekunan pengamat. Adapun metode yang digunakan guru PAI di SMPN 8 Blitar dalam meningkatkan prestasi belajar yaitu dengan cara menggunakan metode ceramah, penugasan, diskusi kelompok, tanya jawab, demonstrasi, dan discovery. Semua ini tergantung pada materi yang diajarkan cocok menggunakan metode yang mana. Media yang digunkan guru PAI di SMPN 8 Blitar dalam meningkatkan prestasi belajar adalah menggunkan papan tulis, buku, LCD proyektor, video dan masjid sekolah. Untuk evaluasi yang digunkan oleh guru PAI di SMPN 8 Blitar yaitu melakukan pretest, melakukan persiapan yang tepat, soal pilihan ganda dan essay, praktek dan remidi. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar di SMPN 8 Blitar antara lain adalah kurangnya kemampuan baca AL-Qur’an, kurang memahami materi, minat siswa kurang, kurangnya motivasi belajar, dampak media dan teknologi, support dari teman sejawat, malu dalam belajar, dan praktek sholat berjamaah yang kurang optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectUpaya Guru Pendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectMeningkatkan Prestasi Belajaren_US
dc.titleUpaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Blitaren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record