dc.description.abstract | Dalam kegiatan pembelajaran, materi pelajaran dapat disampaikan melalui
media. Penggunaan media dalam pembelajaran bertujuan membantu guru agar
proses mengajar lebih efektif dan efisien. Pembelajaran PAI di SMP IT AsySyadzili Sumberpasir seringkali dihadapkan dengan materi-materi yang
membutuhkan praktik.Sehingga banyak peserta didik yang mengalami kesulitan
dalam menerima materi pelajaran.Oleh karena itu guru dituntut untuk bisa membuat
pembelajaran yang menarik menggunakan media.Dalam hal ini media LCD
Proyektor merupakan salah satu media yang bisa digunakan oleh guru. Karena
media LCD Proyektor merupakan media yang sangat efektif untuk digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran
menggunakan media LCD Proyetor, untuk mendeskripsikan kompetensi guru
dalam penggunaan media serta hasil belajar yang diperoleh peserta didik setelah
penggunaan media LCD Proyektor.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan PTK. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, angket, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan melakukan uji
normalitas, uji independent t-test.Hasil penelitian di peroleh dari metode siklus,dan
ada dua siklus.
Kesimpulan penelitian menunjukkan belajar dengan menggunakan media
lcd proyektor merupakan kemampuan-kemampuan dimiliki siswa setelah
menerima pengalaman belajarnya. Kemampuan-kemampuan tersebut mencakup
aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil belajar dapat dilihat melalui
kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk mendapatkan data pembuktian yang akan
menunjukkan tingkat kemampuan siswa di SMP IT Asy Syadzili sumberpasir
dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil belajar yang diteliti dalam penelitian
ini ialah hasil belajar kognitif PAI yang mencakup tiga tingkatan yaitu pengetahuan,
pemahaman, dan penerapan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil
belajar siswa pada aspek kognitif ialah tes. | en_US |