Show simple item record

dc.contributor.authorChanafi, Imam
dc.date.accessioned2023-09-05T03:48:31Z
dc.date.available2023-09-05T03:48:31Z
dc.date.issued2023-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8001
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah pembelajaran dalam pendidikan agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan karakter multikultural peserta didik. Dalam dunia yang semakin global, penting bagi pendidikan agama Islam untuk melibatkan perspektif multikultural dalam proses pembelajaran agar siswa dapat memahami dan menghargai keberagaman budaya, agama, dan tradisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Peserta penelitian meliputi siswa, guru, dan ahli pendidikan yang berpengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran agama Islam dapat membantu siswa untuk mengembangkan rasa saling menghormati, toleransi, kerjasama, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang keberagaman. pembelajaran yang diusulkan meliputi strategi pengajaran yang melibatkan diskusi kelompok, studi kasus, penggunaan sumber daya multimedia, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong interaksi dan pemahaman antarbudaya. Diharapkan bahwa pembelajaran ini dapat membantu meningkatkan karakter multikultural peserta didik dalam konteks pendidikan agama Islam. Penelitian ini memberikan sumbangan bagi para pendidik dan praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk mempromosikan toleransi, keragaman, dan pemahaman antar budaya dalam pendidikan agama Islam. Untuk memastikan pelaksanaan pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter multikultural di SMA Negeri 10 Kota Malang berjalan dengan optimal dan menghasilkan individu yang memiliki sikap sesuai dengan nilai-nilai multikultural, berikut adalah beberapa saran yang dapat diberikan: 1. Integrasikan karakter multikultural dalam kurikulum: Pastikan bahwa kurikulum pendidikan agama Islam mencakup aspek multikultural dengan memperkenalkan peserta didik pada berbagai tradisi, keyakinan, dan praktik agama yang berbeda. Berikan penekanan pada nilai-nilai seperti toleransi, saling menghormati, kerjasama, dan keadilan dalam konteks multikultural Promosikan interaksi antaragama: Sediakan ruang dan waktu di dalam pembelajaran untuk memfasilitasi interaksi antaragama antara peserta didik. Dengan cara ini, mereka dapat saling berbagi pemikiranen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMultikurturalen_US
dc.subjectPeserta didiken_US
dc.titlePembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Karakter Multikurtural Peserta Didik di SMA Negeri 10 Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record