View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Karakter Multikurtural Peserta Didik di SMA Negeri 10 Malang

Thumbnail
View/Open
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER MULTIKURTURAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 10 KOTA MALANG.pdf (3.520Mb)
S2-Magister Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana Unisma.pdf (1.491Mb)
Date
2023-07-15
Author
Chanafi, Imam
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah pembelajaran dalam pendidikan agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan karakter multikultural peserta didik. Dalam dunia yang semakin global, penting bagi pendidikan agama Islam untuk melibatkan perspektif multikultural dalam proses pembelajaran agar siswa dapat memahami dan menghargai keberagaman budaya, agama, dan tradisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Peserta penelitian meliputi siswa, guru, dan ahli pendidikan yang berpengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran agama Islam dapat membantu siswa untuk mengembangkan rasa saling menghormati, toleransi, kerjasama, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang keberagaman. pembelajaran yang diusulkan meliputi strategi pengajaran yang melibatkan diskusi kelompok, studi kasus, penggunaan sumber daya multimedia, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong interaksi dan pemahaman antarbudaya. Diharapkan bahwa pembelajaran ini dapat membantu meningkatkan karakter multikultural peserta didik dalam konteks pendidikan agama Islam. Penelitian ini memberikan sumbangan bagi para pendidik dan praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk mempromosikan toleransi, keragaman, dan pemahaman antar budaya dalam pendidikan agama Islam. Untuk memastikan pelaksanaan pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter multikultural di SMA Negeri 10 Kota Malang berjalan dengan optimal dan menghasilkan individu yang memiliki sikap sesuai dengan nilai-nilai multikultural, berikut adalah beberapa saran yang dapat diberikan: 1. Integrasikan karakter multikultural dalam kurikulum: Pastikan bahwa kurikulum pendidikan agama Islam mencakup aspek multikultural dengan memperkenalkan peserta didik pada berbagai tradisi, keyakinan, dan praktik agama yang berbeda. Berikan penekanan pada nilai-nilai seperti toleransi, saling menghormati, kerjasama, dan keadilan dalam konteks multikultural Promosikan interaksi antaragama: Sediakan ruang dan waktu di dalam pembelajaran untuk memfasilitasi interaksi antaragama antara peserta didik. Dengan cara ini, mereka dapat saling berbagi pemikiran
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8001
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group