dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi dengan perubahan kurikulum di dunia
pendidikan yang lebih bermakna. Pembelajaran dengan pendekatan edutainment
merupakan pembelajaran yang memadukan muatan pendidikan dan hiburan secara
harmonis. Sehingga aktivitas pembelajaran akan berlangsung menyenangkan,
siswa tidak mudah jenuh dan merasa bosan ketika di dalam kelas.
Fokus dari penelitian ini tentang bagaimana Implentasi pembelajaran fiqih
berbasis edutainment, Model pembelajaran fiqih berbasis edutainment di MAN 2
Pasuruan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara
mendalam model Pembelajaran fiqih berbasis edutainment di MAN 2 Pasuruan.
Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik
analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu
melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk
mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya maka
digunakan triangulasi teknik., triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa:Implementasi pembelajaran dan
Model pembelajaran. Implementasi pembelajaran meliputi active learning,
accelerating learning, dan humanizing classroom. Model pembelajaran dengan
bercerita, berkelompok dan presentasi, melakukan pembelajaran melalui kerja
kelompok hasil dari bermain peran siswa sendiri.Pembelajaran berbasis
edutainment tergolong efektif, karena telah memenuhi beberapa indikator
keefektifan pengajaran yakni kecermatan penguasaan perilaku, kecepatan unjuk
kerja, kesesuaian dengan prosedur, kualitas hasil akhir dan tingkat retensi | en_US |