View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Model pembelajaran fiqih berbasis Edutanment kelas XI MAN 2 Pasuruan

Thumbnail
View/Open
MODEL PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS EDUTAINMENT KELAS XI MAN 2 PASURUAN.pdf (2.835Mb)
S2 PASCASARJANA FAI 2023 ULUL ALBAB.pdf (2.379Mb)
Date
2023-07-15
Author
Albab, Ulul
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan perubahan kurikulum di dunia pendidikan yang lebih bermakna. Pembelajaran dengan pendekatan edutainment merupakan pembelajaran yang memadukan muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis. Sehingga aktivitas pembelajaran akan berlangsung menyenangkan, siswa tidak mudah jenuh dan merasa bosan ketika di dalam kelas. Fokus dari penelitian ini tentang bagaimana Implentasi pembelajaran fiqih berbasis edutainment, Model pembelajaran fiqih berbasis edutainment di MAN 2 Pasuruan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam model Pembelajaran fiqih berbasis edutainment di MAN 2 Pasuruan. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi teknik., triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa:Implementasi pembelajaran dan Model pembelajaran. Implementasi pembelajaran meliputi active learning, accelerating learning, dan humanizing classroom. Model pembelajaran dengan bercerita, berkelompok dan presentasi, melakukan pembelajaran melalui kerja kelompok hasil dari bermain peran siswa sendiri.Pembelajaran berbasis edutainment tergolong efektif, karena telah memenuhi beberapa indikator keefektifan pengajaran yakni kecermatan penguasaan perilaku, kecepatan unjuk kerja, kesesuaian dengan prosedur, kualitas hasil akhir dan tingkat retensi
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8005
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group