Show simple item record

dc.contributor.authorKurniailah, Illiyyun
dc.date.accessioned2023-09-05T03:53:08Z
dc.date.available2023-09-05T03:53:08Z
dc.date.issued2023-06-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8007
dc.description.abstractLatar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya menumbuhkan karakter religius individu yang memerlukan berbagai usaha pembudayaan secara konsisten melalui pendidikan. Pembentukan karakter dilakukan melalui pembudayaan literasi Al-Qur’an di SMA An-Nur Bululawang Malang menjadi pembelajaran yang sangat dianjurkan kepala sekolah, melalui kajian ayat Al-Qur’an yang dihubungkan dengan muatan agama dan muatan umum. Pembelajaran literasi Al-Qur’an yang telah didesain sekolah bertujuan meningkatkan iman dan takwa, memperbaiki bacaan Al-Qur’an serta membentengi peserta didik dari pemikiran bebas yang dilarang agama. Pembelajaran literasi Al-Qur’an sebagai ciri khas lembaga pendidikan formal yang berada dalam lingkungan pondok pesantren merupakan upaya penguatan karakter peserta didik sebagaimana tercantum dalam KMA Nomor 39 Tahun 2015 melalui pemahaman dan pengamalan agama. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan memberikan interpretasi tentang: konsep pembelajaran literasi Al-Qur’an dalam pembentukan karakter religius, proses pembelajaran literasi Al-Qur’an dalam pembentukan karakter religius, dan dampak pembelajaran literasi Al-Qur’an dalam pembentukan karakter religius. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akuntabel, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun langkah-langkah yang ditempuh peneliti dalam analisis data kualitatif selama di lapangan antara lain: pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara dan studi dokumen; kondensasi data; penyajian data; serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pembelajaran literasi Al-Qur’an di SMA An-Nur Bululawang Malang adalah aktivitas membaca Al-Qur’an sesuai kaidah atau aturan yang benar untuk memahami isi kandungannya. Peserta didik dinyatakan literat apabila telah memiliki kemampuan membaca, menulis, dan memahami kandungan Al-Qur’an. Pembentukan karakter religius di SMA An-Nur Bululawang Malang diterapkan melalui proses pembelajaran literasi Al-Qur’an yang dilaksanakan melalui kegiatan awal pembelajaran muatan agama dan umum, pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan program tahfidz. Dampak positif dari pembelajaran literasi Al-Qur’an yaitu aktivitas peserta didik membaca Al-Qur’an membudaya, peserta didik mampu mentadabburi (memperdalam/merenungkan) kandungan Al-Qur’an, akhlak peserta didik mejadi lebih baik sesuai dengan ajaran agama.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.subjectPembelajaran Literasi Al-Qur’anen_US
dc.titlePembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Literasi Al-Qur’an di SMA An-Nur Bululawang Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record