View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Literasi Al-Qur’an di SMA An-Nur Bululawang Malang

Thumbnail
View/Open
PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN LITERASI AL-QURAN.pdf (7.189Mb)
S2_FAI_22102011031_ILLIYYUN KURNIAILAH.pdf (2.562Mb)
Date
2023-06-19
Author
Kurniailah, Illiyyun
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya menumbuhkan karakter religius individu yang memerlukan berbagai usaha pembudayaan secara konsisten melalui pendidikan. Pembentukan karakter dilakukan melalui pembudayaan literasi Al-Qur’an di SMA An-Nur Bululawang Malang menjadi pembelajaran yang sangat dianjurkan kepala sekolah, melalui kajian ayat Al-Qur’an yang dihubungkan dengan muatan agama dan muatan umum. Pembelajaran literasi Al-Qur’an yang telah didesain sekolah bertujuan meningkatkan iman dan takwa, memperbaiki bacaan Al-Qur’an serta membentengi peserta didik dari pemikiran bebas yang dilarang agama. Pembelajaran literasi Al-Qur’an sebagai ciri khas lembaga pendidikan formal yang berada dalam lingkungan pondok pesantren merupakan upaya penguatan karakter peserta didik sebagaimana tercantum dalam KMA Nomor 39 Tahun 2015 melalui pemahaman dan pengamalan agama. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan memberikan interpretasi tentang: konsep pembelajaran literasi Al-Qur’an dalam pembentukan karakter religius, proses pembelajaran literasi Al-Qur’an dalam pembentukan karakter religius, dan dampak pembelajaran literasi Al-Qur’an dalam pembentukan karakter religius. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akuntabel, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun langkah-langkah yang ditempuh peneliti dalam analisis data kualitatif selama di lapangan antara lain: pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara dan studi dokumen; kondensasi data; penyajian data; serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pembelajaran literasi Al-Qur’an di SMA An-Nur Bululawang Malang adalah aktivitas membaca Al-Qur’an sesuai kaidah atau aturan yang benar untuk memahami isi kandungannya. Peserta didik dinyatakan literat apabila telah memiliki kemampuan membaca, menulis, dan memahami kandungan Al-Qur’an. Pembentukan karakter religius di SMA An-Nur Bululawang Malang diterapkan melalui proses pembelajaran literasi Al-Qur’an yang dilaksanakan melalui kegiatan awal pembelajaran muatan agama dan umum, pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan program tahfidz. Dampak positif dari pembelajaran literasi Al-Qur’an yaitu aktivitas peserta didik membaca Al-Qur’an membudaya, peserta didik mampu mentadabburi (memperdalam/merenungkan) kandungan Al-Qur’an, akhlak peserta didik mejadi lebih baik sesuai dengan ajaran agama.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8007
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group