Analisa Variasi Pembebanan terhadap Tegangan Tarik pada Suspension Lugs Bom P – Series Produk PT XX Menggunakan Metode Elemen Hingga (FEM)
Abstract
Sebuah bom udara memiliki penghubung antara bom dengan pesawat agar bom dapat dibawa oleh pesawat. Peralatan eksternal yang dipasang seperti bom, rudal dan tangki bahan bakar, mengalami kekuatan aerodinamis dan inersia yang sangat besar dalam penerbangan. Kekuatan-kekuatan ini ditransfer ke titik antarmuka suspension system, yang dikenal sebagai suspension lug (suslug). Pada penelitian ini dilakukan analisa tegangan tarik dengan variasi pembebanan yang bertujuan untuk mengetahui distribusi tegangan suspension lug Bom P-Series produk PT. XX, dan untuk mengetahui letak titik kritis dengan melihat tegangan terbesar dari hasil analisa tersebut. Hasil penelitian analisa variasi pembebanan terhadap tegangan tarik pada suspension lug Bom P-Series produk PT. XX maka dapat diambil kesimpulan bahwa bahwa besar pembebanan berbanding lurus dengan nilai tegangan, semakin besar pembebanan yang diterapkan maka semakin besar nilai tegangan yang dihasilkan. Dan sebaliknya nilai tegangan berbanding terbalik dengan nilai faktor keamanan, semakin besar nilai tegangan yang dihasilkan maka semakin kecil nilai faktor keamanannya.
Kata Kunci: Suspension Lug (Suslug), Metode Elemen Hingga, Software FEM