Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati
dc.date.accessioned2023-09-12T01:56:32Z
dc.date.available2023-09-12T01:56:32Z
dc.date.issued2023-07-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8075
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang. (2) Proses kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang. (3) Evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dengan pendekatan deskriptif yang bertempat di MA Al Amin Malang. Subjek peneliti ini adalah kepala madrasah, wakakurikulum, guru pendidikan agama islam. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber sata skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari konsiden data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, tringulasi, dan teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Perencanaan kepala madrasah dalam meingkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang diawali dengan kepala madrasah mempunyai program yaitu supervisi akademik, dan memebntuk tim. Kemudian tim yang telah dibentuk merumuskan tujuan, menentukan sasaran, membuat jadwal dan menelaah intrumen supervisi akademik. Kemudian perencanaan kepala madrasah dalam meningkatkan komptensi profesional guru pendidikan agama islam di lasanakan secara rurin pada setiap awal tahun pelajaran baru. Dengan mengadakan pembianan seperti kegiatan workshop.(2) Proses kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang kepala madrasah melakukan observasi dengan melakukan supervisi dan penilaian guru, selanjutnya dilakukan evaluasi berupa data maupun evaluasi berupa diskusi. Dalam pelaksanaan supervisi akademik menggunakan pendekatan dan teknik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi guru. (3) Evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang kemampuan kepala madrasah dalam mengevaluasi kegiatan supervisi akademik memberikan dampak yang nyata untuk meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama islam, hal tersebut dilakukan segera setelah melakukan supervisi akademik. Kepala madrasah menikalanjuti hasil pelaksanaan supervisi dengan menganalisis dan mengevaluasi hasil pelaksanaan supervisi. Evaluasi hasil supervisi tersebut dilakukan antara kepala madrasah dan guru, setelah kepala madrasah mengevaluasi hasil supervisi akademik digunakan untuk memberikan sebagai dasar refleksi dan kepala madrasah digunakan untuk memberikan bimbingan kepada guruen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Kepala Madrasahen_US
dc.subjectKompetensi Profesionalen_US
dc.titleStrategi Kepala Madrasah Dalam Meingkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Al Amin Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record