Strategi Kepala Madrasah Dalam Meingkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Al Amin Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmawati
dc.date.accessioned 2023-09-12T01:56:32Z
dc.date.available 2023-09-12T01:56:32Z
dc.date.issued 2023-07-12
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8075
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang. (2) Proses kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang. (3) Evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dengan pendekatan deskriptif yang bertempat di MA Al Amin Malang. Subjek peneliti ini adalah kepala madrasah, wakakurikulum, guru pendidikan agama islam. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber sata skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari konsiden data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, tringulasi, dan teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Perencanaan kepala madrasah dalam meingkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang diawali dengan kepala madrasah mempunyai program yaitu supervisi akademik, dan memebntuk tim. Kemudian tim yang telah dibentuk merumuskan tujuan, menentukan sasaran, membuat jadwal dan menelaah intrumen supervisi akademik. Kemudian perencanaan kepala madrasah dalam meningkatkan komptensi profesional guru pendidikan agama islam di lasanakan secara rurin pada setiap awal tahun pelajaran baru. Dengan mengadakan pembianan seperti kegiatan workshop.(2) Proses kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang kepala madrasah melakukan observasi dengan melakukan supervisi dan penilaian guru, selanjutnya dilakukan evaluasi berupa data maupun evaluasi berupa diskusi. Dalam pelaksanaan supervisi akademik menggunakan pendekatan dan teknik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi guru. (3) Evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang kemampuan kepala madrasah dalam mengevaluasi kegiatan supervisi akademik memberikan dampak yang nyata untuk meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama islam, hal tersebut dilakukan segera setelah melakukan supervisi akademik. Kepala madrasah menikalanjuti hasil pelaksanaan supervisi dengan menganalisis dan mengevaluasi hasil pelaksanaan supervisi. Evaluasi hasil supervisi tersebut dilakukan antara kepala madrasah dan guru, setelah kepala madrasah mengevaluasi hasil supervisi akademik digunakan untuk memberikan sebagai dasar refleksi dan kepala madrasah digunakan untuk memberikan bimbingan kepada guru en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Strategi Kepala Madrasah en_US
dc.subject Kompetensi Profesional en_US
dc.title Strategi Kepala Madrasah Dalam Meingkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Al Amin Malang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account