Strategi Kepala Madrasah Dalam Meingkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MA Al Amin Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan kepala
madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama
islam di MA Al Amin Malang. (2) Proses kepala madrasah dalam meningkatkan
kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang. (3)
Evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru
pendidikan agama islam di MA Al Amin Malang. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dengan pendekatan deskriptif
yang bertempat di MA Al Amin Malang. Subjek peneliti ini adalah kepala
madrasah, wakakurikulum, guru pendidikan agama islam. Sumber data
menggunakan sumber data primer dan sumber sata skunder. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data terdiri dari konsiden data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, tringulasi, dan
teman sejawat.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat
mengambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Perencanaan kepala madrasah dalam
meingkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al
Amin Malang diawali dengan kepala madrasah mempunyai program yaitu
supervisi akademik, dan memebntuk tim. Kemudian tim yang telah dibentuk
merumuskan tujuan, menentukan sasaran, membuat jadwal dan menelaah
intrumen supervisi akademik. Kemudian perencanaan kepala madrasah dalam
meningkatkan komptensi profesional guru pendidikan agama islam di lasanakan
secara rurin pada setiap awal tahun pelajaran baru. Dengan mengadakan
pembianan seperti kegiatan workshop.(2) Proses kepala madrasah dalam
meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di MA Al
Amin Malang kepala madrasah melakukan observasi dengan melakukan supervisi
dan penilaian guru, selanjutnya dilakukan evaluasi berupa data maupun evaluasi
berupa diskusi. Dalam pelaksanaan supervisi akademik menggunakan pendekatan
dan teknik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi guru. (3) Evaluasi kepala
madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama
islam di MA Al Amin Malang kemampuan kepala madrasah dalam mengevaluasi
kegiatan supervisi akademik memberikan dampak yang nyata untuk
meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama islam, hal tersebut dilakukan
segera setelah melakukan supervisi akademik. Kepala madrasah menikalanjuti
hasil pelaksanaan supervisi dengan menganalisis dan mengevaluasi hasil
pelaksanaan supervisi. Evaluasi hasil supervisi tersebut dilakukan antara kepala
madrasah dan guru, setelah kepala madrasah mengevaluasi hasil supervisi
akademik digunakan untuk memberikan sebagai dasar refleksi dan kepala
madrasah digunakan untuk memberikan bimbingan kepada guru