Spirit Nilai-nilai Akhlak Dalam Kitab Ta'limul Muta'allim Untuk Membangun Mentalitas Siswa Dalam Belajar (di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mambaul Ulum Awang-awang Mojosari Mojokerto)
Abstract
Pengaruh dari akhlak yang kurang baik dirasakan di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Mambaul Ulum Awang-awang Mojosari Mojokerto. Banyak
siswa tidak mematuhi peraturan sekolah madrasah. Peraturan dianggap sebagai
sebuah hal yang biasa dan kurang disakralkan dan ditakuti. Siswa tidak bisa
membedakan akhlak siswa kepada sesama temannya dengan akhlak siswa kepada
gurunya. Kualitas nilai pelajaran siswa yang menurun juga diakibatkan dari
pergaulan yang buruk dikarenakan siswa tidak bisa memilih dan memilah perilaku
temannya.
Dari uraian di atas, maka dapat diambil fokus penelitian yaitu: 1) Apa saja
spirit nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Kitab Ta'limul Muta'allim untuk
membangun mentalitas siswa dalam belajar di Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) Mambaul Ulum Awang-awang Mojosari Mojokerto? (2) Bagaimana
upaya kepala sekolah, guru/pengajar dalam menumbuhkan spirit nilai-nilai akhlak
melalui pengajian Kitab Ta’limul Muta’allim untuk membangun mentalitas siswa
dalam belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mambaul Ulum Awang awang Mojosari Mojokerto? (3) Bagaimana spirit nilai-nilai akhlak dalam kitab
Ta’limul Muta’allim untuk membangun mentalitas siswa dalam belajar di Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Mambaul Ulum Awang-awang Mojosari Mojokerto?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif, dimana
ditunjukkan untuk menganalisis dan menyajikan keadaan yang sebenarnya terjadi
di lokasi penelitian. Pendekatan penelitian kualitatif di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Mambaul Ulum Awang-awang Mojosari Mojokerto bermula
dari tidak adanya nilai nilai akhlak dan moral yang baik yang diterapkan kepada
siswa guna menumbuhkan mentalitas siswa dalam belajarnya. Seangkan Jenis
penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian etnografi jenis kasus yakni
mencari pola kegiatan yang mengarah kepada kelompok murid yang belajar
ta’lim. Peneliti mengidentifikasi pola perilaku yang diperlihatkan oleh murid.
Upaya yang dilakukan oleh upaya yang dilakukan oleh Kepala SMK
Mamba’ul Ulum dengan menekankan agar penanaman spirit nilai-nilai akhlah
dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim bisa diaplikasikan oleh siswa-siswi di
lingkungan SMK Mamba’ul Ulum. Pengajian Ta’lim juga dikhususkan kepada
guru agar para guru juga mengerti tentang tugasnya sebagai seorang guru
berupaya untuk selalu riyadhoh dan berdoa kepada Allah SWT agar para siswa disini bisa mudah untuk mengamalkan nilai akhlak yang ada pada kitab Ta’lim al
– Muta’allim
Berdasarkan hasil penelitian ini menujukkan bahwa perilaku peserta didik
dari yang sebelum mengenal apa itu kitab Ta’lim al – Muta’allim dan sampai
mereka sedang mempelajarinya terjadi banyak perubahan – perubahan positif
kepada mereka. Siswa-siswa sebelum memulai pelajaran harus berdoa terlebih
dahulu, kemudian menghormati ilmu, berperilaku sopan kepada bapak dan ibu
guru
Selain itu, mentalitas belajar para siswa-siswi SMK Mamba’ul Ulum Mojosari
Mojokerto adalah sudah dimiliki dengan baik yang didukung dengan tingkat
kedisiplinan dan kemauan siswa-siswi tentang kebutuhan belajar yang meningkat.
Semua guru dan pengurus sekolah diharapkan selalu berusaha membangun
hubungan yang baik dengan semua siswa-siswi di Yayasan Mamba’ul Ulum
Mojosari Mojokerto. Senantiasa menumbuhkan rasa saling memiliki dan
bertanggung jawab sehingga dapat menjadikan pembelajaran lebih
menyenangkan. Serta selalu menerima kritik dan saran baik dari santri maupun
dari guru yang lain sehingga kualitas mengajarnya menjadi lebih baik lagi.