dc.description.abstract | Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa,
sedangkan dari pada itu anak-anak juga sangat membutuhkan pendidikan karakter
kemandirian, sebagai bentuk kepercayaan diri dengan kemampuan dirinya sendiri dalam
menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Dengan ini fokus penelitian sebagai
berikut: (1) kemandirian emosional, (2) kemandirian perilaku, dan (3) kemandirian nilai pada
tokoh Eliana dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai kemandirian, sebagai berikut. (1)
untuk mendeskripsikan kemandirian tokoh Eliana ditinjau dari aspek emosional yang terdapat
pada novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye, (2) untuk mendeskripsikan kemandirian pada
tokoh Eliana dilihat dari aspek perilaku pada novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye, (3)
untuk mendeskripsikan kemandirian pada tokoh Eliana ditinjau dari aspek kemandirian nilai
pada novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bermaksud
untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai kemandirian tokoh. Subjek penelitian ini
adalah novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye. Penelitian ini difokuskan pada
permasalahan yang berkaitan dengan nilai kemandirian. Data dianalisis dengan analisis isi
atau kajian isi, merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menganalisis dan memahami
teks. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi atau kajian kepustakaan
(library research) dalam penelitian ini kajian terhadap teks novel Si Anak Pemberani karya
Tere Liye
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai kemandirian yang dibagi menjadi tiga yakni,
(1) kemandirian emosional yang dimiliki tokoh Eliana dalam dirinya yang diklasifikasikan
pada setiap wujud emosinya, baik dalam mengendalikan emosi sebagai bentuk kontrol diri,
maupun penyampaian emosinya sebagai keluh kesah yang dirasakan, (2) kemandirian
perilaku yang dimiliki tokoh Eliana dalam dirinya yang diklasifikasikan pada setiap wujud
perilakunya, baik dalam memahami situasi, mengambil alternatif penyelesaian masalah,
kemandirian dalam bersosialisasi, serta pengambilan keputusan untuk diri sendiri dan
bermasyarakat, dan (3) kemandirian nilai yang dimiliki tokoh Eliana dalam dirinya yang
diklasifikasikan pada wujud keyakinannya terhadap suatu nilai yaitu proses pengevaluasian
nilai.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara garis besar menunjukan bagaimana
kemandirian dari tokoh Eliana dalam menjalani hidup serta mengatasi masalahnya dengan
mengandalkan kemampuan dirinya sendiri. Kemandirian pada tokoh Eliana bukan berarti
menjadikannya tidak membutuhkan bantuan dari orang lain, Eliana menjadikan masukan dari
orang lain sebagai reverensi dan pertimbangan sebelum mengambil keputusan untuk dirinya.
Pada beberapa bagian, Eliana juga membutuhkan bantuan orang tua, guru, dan temannya
sebagai makhluk sosial. | en_US |