Show simple item record

dc.contributor.authorAgustia, Hikmah
dc.date.accessioned2020-12-11T02:59:05Z
dc.date.available2020-12-11T02:59:05Z
dc.date.issued2020-10-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/809
dc.description.abstractPendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa, sedangkan dari pada itu anak-anak juga sangat membutuhkan pendidikan karakter kemandirian, sebagai bentuk kepercayaan diri dengan kemampuan dirinya sendiri dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Dengan ini fokus penelitian sebagai berikut: (1) kemandirian emosional, (2) kemandirian perilaku, dan (3) kemandirian nilai pada tokoh Eliana dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai kemandirian, sebagai berikut. (1) untuk mendeskripsikan kemandirian tokoh Eliana ditinjau dari aspek emosional yang terdapat pada novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye, (2) untuk mendeskripsikan kemandirian pada tokoh Eliana dilihat dari aspek perilaku pada novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye, (3) untuk mendeskripsikan kemandirian pada tokoh Eliana ditinjau dari aspek kemandirian nilai pada novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai kemandirian tokoh. Subjek penelitian ini adalah novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai kemandirian. Data dianalisis dengan analisis isi atau kajian isi, merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menganalisis dan memahami teks. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi atau kajian kepustakaan (library research) dalam penelitian ini kajian terhadap teks novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye Hasil penelitian ini menunjukkan nilai kemandirian yang dibagi menjadi tiga yakni, (1) kemandirian emosional yang dimiliki tokoh Eliana dalam dirinya yang diklasifikasikan pada setiap wujud emosinya, baik dalam mengendalikan emosi sebagai bentuk kontrol diri, maupun penyampaian emosinya sebagai keluh kesah yang dirasakan, (2) kemandirian perilaku yang dimiliki tokoh Eliana dalam dirinya yang diklasifikasikan pada setiap wujud perilakunya, baik dalam memahami situasi, mengambil alternatif penyelesaian masalah, kemandirian dalam bersosialisasi, serta pengambilan keputusan untuk diri sendiri dan bermasyarakat, dan (3) kemandirian nilai yang dimiliki tokoh Eliana dalam dirinya yang diklasifikasikan pada wujud keyakinannya terhadap suatu nilai yaitu proses pengevaluasian nilai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara garis besar menunjukan bagaimana kemandirian dari tokoh Eliana dalam menjalani hidup serta mengatasi masalahnya dengan mengandalkan kemampuan dirinya sendiri. Kemandirian pada tokoh Eliana bukan berarti menjadikannya tidak membutuhkan bantuan dari orang lain, Eliana menjadikan masukan dari orang lain sebagai reverensi dan pertimbangan sebelum mengambil keputusan untuk dirinya. Pada beberapa bagian, Eliana juga membutuhkan bantuan orang tua, guru, dan temannya sebagai makhluk sosial.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectEmosionalen_US
dc.subjectKemandirian,en_US
dc.titleNilai Kemandirian Tokoh Eliana Pada Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liyeen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record