View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Metode Pembelajaran Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah Dalam Menanamkan Moderasi Beragama Santri Di PP Syahamah Probolinggo

Thumbnail
View/Open
METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH DALAM MENANAMKAN MODERASI BERAGAMA SANTRI DI PP SYAHAMAH PROBOLINGGO.pdf (3.447Mb)
S2_PAI_221020110124_MOKHAMAD SAMSUL IKHSAN.pdf (3.032Mb)
Date
2023-07-15
Author
Ikhsan, Mokhammad Samsul
Metadata
Show full item record
Abstract
Kini, penyimpangan-penyimpangan terhadap agama kembali massif di Indonesia. Tidak jarang, penyimpangan mengakibatkan cara pandang yang ekstrimis baik liberal maupun radikal (g}hulluw wa taqs>ir). Cara pandang ekstrimis bermula dari minimnya pemahaman tentang Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah yang berprinsip pada wasathiyyah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih jauh bagaimana metode pembelajaran Akidah yang diimplementasikan di pondok pesantren Syahamah Probolinggo dalam menguatkan sikap moderat dalam beragama santri. Pondok pesantren Syahamah Probolinggo mengkaji, mendalami dan mendakwahkan Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah secara intensif dibanding dengan lembaga pendidikan Islam yang ada di Indonesia pada umumnya. Para santri menghafal matan-matan kitab khususnya yang memuat materi kitab Akidah, seperti mukhtasar Sullam al-Tawfiq karya Syeikh‘Abdulla>h al-Hara>ri>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode tersebut berguna untuk melihat secara komprehensif dan mendalam tentang metode pembelajaran yang meliputi; metode, prinsip dan implementasi pembelajaran sekaligus evaluasi dari implementasi pembelajaran Akidah yang diterapkan di pondok pesantren Syahamah Probolinggo. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu; 1) Metode pembelajaran di pondok. Metode yang diterapkan diantaranya; metode CPTT, metode Inquiry dan metode Tutor Sebaya. 2) Metode pembelajaran diimplementasikan dalam beberapa kegiatan seperti: pemahaman teoritis, upaya merawat tradisi dan kegiatan Muhad}arah. 3) Faktor penunjang pembelajaran diantaranya: Profesinonalisme guru dan metode pembelajaran yang interaktif. Faktor penghambatnya antara lain banyaknya hafalan, minimnya kontekstualisasi materi dan belum adanya silabus dan RPP
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8100
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group