dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mendeskripsikan dan
menganalisis perencanaan Pengelolaan Program Tahfidz dalam
Membentuk Kedisiplinan Siswa di Madrasah Aliyah Assa‟idiyyah
Kepanjen Malang (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis
pelaksanaan Pengelolaan Progam Tahfidz dalam Membentuk Kedisiplinan
Siswa di Madrasah Aliyah Assa‟idiyyah Kepanjen Malang.(3)Untuk
mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi Pengelolaan Progam Tahfidz
dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di Madrasah Aliyah Assa‟idiyyah
Kepanjen Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan Jenis Studi
kasus, sumber data dari penelitian ini yaitu data primer yang berasal dari
jawaban ketika wawancara dan data sekunder dan data lain yang
berhubunbgan dengan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisa data
menggunakan metode reduksi data (kondensasi), penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Program
Tahfidz Al-Qur‟an, (a) Merancang tujuan menuju Madrasah Qur‟ani (b)
Menunjuk koordinator Tahfidz (c) Menentukan target hafalan per-semester
(d) Menentukan ruang kelas (belajar) (e) Menentukan jumlah jam dan hari
per-pekan (f) Menentukan metode. (2) Pelaksanaan Program Tahfidz Al Qur‟an (a) Pihak-pihak yang berpartisipasi dalam program tahfidz Al Qur‟an yaitu koordinator madrasah, waka kurikulum, koordinator program
Tahfidz Al Qur‟an, wali kelas, dan guru tahfidz. (b) Segala keputusan yang
telah dikoordinasikan oleh pihak madrasah harus mendapat persetujuan
terlebih dahulu dari pihak yayasan. (c) Kegiatan KBM di program tahfidz
Al Qur‟an dimulai pada pukul (06.45 - 09.25) (d) Kegiatan Tahfidz Al
Qur‟an dilaksanakan lima hari dalam sepekan yaitu hari senin - jum‟at. (e)
Kegiatan Tahfidz Al Qur‟an dilaksanakan dengan berkelompok,
berdasarkan jenjang kelas siswa. (f) Jumlah keseluruhan siswa-siswi di
program Tahfidz Al Qur‟an berjumlah 65 siswa dengan yaitu; 30 untuk
kelas X, 20 siswa di kelas XI, dan 15 di kelas XII. (3) Evaluasi Program
Tahfidz Al Qur‟an meliputi : Evaluasi Formatif, Evaluasi Sumatif dilakukan
4 kali dalam setahun yaitu setiap ujian tengah semester dan ujian akhir
semester, Nilai setoran yang dibuktikan dengan buku prestasi | en_US |