Implementasi Media Pohon Angka untuk Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Miftahul Huda II
Abstract
Media pembelajaran untuk motivasi belajar anak sangat diperlukan dalam pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat menyenangkan. Hal tersebut yang melatarbelakangi RA Miftahul Huda II untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun dengan media pembelajaran pohon angka.
Berdasarkan hasil observasi awal, media pembelajaran yang tersedia di RA Miftahul Huda II sebagian besar hanya berupa buku dan motivasi belajar anak belum terstimulus dengan baik dalam proses pembelajaraan, maka peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan dan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media pembelajaran pohon angka. Serta tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan motivasi belajar melalui media pembelajaran pohon angka
Penelitian ini dilakukan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Prosesur pengumpulan ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Mc Taggart, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. dengan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi yang terdiri dari beberapa aspek seperti antusiasme, keterlibatan aktif dan kepercayaan diri dalam pembelajaran.
Kesimpulan pada tindakan prasiklus peneliti memperoleh hasil motivasi belajar 42,1% yang dimana kriteria keberhasilan motivasi belajar masih kurang,karena pembelajaran yang digunakan hanya menggunakan buku lembar kerja siswa, maka diadakanya pembelajaran dengan menggunakan media pohon angka untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun. Tindakan siklus I dalam kegiatan pohon angka mendapatkan presentase motivasi belajar sebesar 71,1%, anak-anak sudah mulai terlihat antusias dan aktif dalam pembelajaran. Untuk siklus II peneliti membuat strategi baru dengan membagi menjadi 4 kelompok, untuk siklus II motivasi belajar mendapatkan presentase sebesar 91,2 dan berhasil mencapai indikator keberhasilan yaitu >80 serta manfaat dari media pembelajaran pohon angka meningkatakan indikator motivasi yang lainya seperti aspek antusiasme, keterlibatan aktif dan kepercayaan diri dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Pohon Angka