Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun dengan Media Ritatoon di TK Al- Husna Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyetimulus kemampua bahasa anak dengan media ritatoon usia 4-5 tahun di TK Al-Husna Kota Malang. Media ini digunakan pada saat selingan saat pembelajaran dikelas. Media ini tidak menguarangi nuansa bermain anak. Perkembangan bahasa anak sangat penting karena komunikasi anak sangat penting baik berupa tulisan, refleksi tanya jawab dan menulis.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, lokasi penelitian di TK Al-Husna kota Malang, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan murid, teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data lalu penarikan kesimpulan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi kasus, karena didasarkan sesuai dengan peristiwa yang terjadi secara sistematis dalam jangka waktu lama yang menggunakan program, kegiatan, peristiwa, dan kelompok dengan ini dapat membantu mendapatkan gambaran kasar latar belakang, situasi, dan interaksi yang terjadi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa uisa 4-5 tahun dengan media ritatoon di TK Al-Husna sangat berpengaruh besar, hal ini disebabkan oleh penggunaan media ritatoon yang digunakan untuk selingan di kelas, anak sangat merespon dengan baik dan senang karena media tersebut tidak membosankan dan meneyenangkan bagi anak, serta media ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk mengenalkan bahasa pada anak.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan media ritatoon dalam pembelajaran pada anak usia dini di TK Al-Husna, memudahkan anak dalam mempelajari bahasa, karena pada media ritatoon ini terdapat gambar dan tulisan yang memudahkan anak dalam menangkap informasi yang disampaikan oleh guru.
Kata Kunci: Media Ritatoon, Pendidikan Anak Usia Dini, Bahasa