View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al Qur`an pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al Ikhlas

Thumbnail
View/Open
Publish (2.445Mb)
Fulltext (4.704Mb)
Date
2023-08-09
Author
Mahmudah
Metadata
Show full item record
Abstract
Dalam pembelajaran Al Qur`an dibutuhkan metode agar proses pembelajaran berjalan efektif serta akan lebih cepat mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi di RA Al Ikhlas Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang Penerapan metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur`an pada usia 4-5 tahun terlaksana cukup baik. Proses penerapan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan klasikal menggunakan alat peraga dan pendekatan klasikal melalui baca simak, di dalam proses penerapannya juga terdapat beberapa faktor penghambat di antaranya sebagian anak yang kurang fokus karena keinginan anak untuk bermain. Fokus penelitian pada peneliti ini yaitu bagaimana penerapan metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur`an pada anak usia 4-5 tahun, bagaimana perencanaan metode Tilawati dalam pembelajara Al Qur`an pada anak usia 4-5 tahun, apa faktor pendukung dan penghambat metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur`an pada anak usia 4-5 tahun. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti lakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan usaha-usaha yang di lakukan, didapatkan hasil penelitian bahwasaanya perencanaan metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur`an pada anak usia 4-5 tahun di sesuaikan dengan kurikulum atau tujuan yang ingin di capai yaitu membuat Rencana Progam Pembelajaran (RPP). Hasil evaluasi pembelajaran di lakukan guru dikegiatan akhir secara klasikal maupun individu. Kata Kunci: Metode Tilawati, Pembelajaran Al Qur`an
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8123
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group