Show simple item record

dc.contributor.authorBisri, Hasanul
dc.date.accessioned2023-09-27T03:24:21Z
dc.date.available2023-09-27T03:24:21Z
dc.date.issued2023-07-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8125
dc.description.abstractKemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kompetensi dasar yang wajib dimiliki peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan matematika di sekolah atau madrasah/sederajat. Berdasarkan hasil pretest peserta didik di SMP NU Lekok diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP NU masih rendah. Oleh karenanya dibutuhkan upaya supaya kemampuan tersebut dapat meningkat, salah satunya adalah dengan memperbaiki kualitas kegiatan pembelajaran matematika di kelas. Kualitas kegiatan pembelajaran bergantung kepada banyak faktor penting termasuk faktor model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Model pembelajaran yang tepat guna akan dapat mempercepat dan mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran dimaksud model pembelejaran problem based learning (PBL). Faktor penting lain yang dapat mempercepat keberhasilan pembelajaran adalah disposisi matematis peserta didik. Disposisi matematis peserta didik yang baik lebih menjamin keberhasilan pembelajaran di kelas. Berdasakan latar belakang masalah, rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) Apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara yang diberi perlakuan dan tidak diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) pada materi SPLDV kelas VIII SMP NU Lekok? 2) Apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara yang diberi perlakuan dan tidak diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) pada materi SPLDV kelas VIII SMP NU Lekok Pasuruan? 3) Apakah efektif model pembelajaran Problem based Learning (PBL) untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi SPLDV kelas VIII SMP NU Lekok Pasuruan? 4) Apakah efektif model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi SPLDV kelas VIII SMP NU Lekok Pasuruan? Dalam penelitian ini meimiliki tujuan untuk menguji kefektifan moldel pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ulntuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan Quasi Experimen Design. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji kefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digulnakan Quasi Experimen Design. Desain ini menggunakan kelolmpok kontrol, tetapi tidak dapat digunakan sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar lainnya. Hasil penelitian ini menunjukaan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis yang diberi dan tidak diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas VIII SMP NU Lekok Pasuruan. Selain itu terdapat keefektifan moldel pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ulntuk mengukur kemampulan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan terdapat keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen. Hal itu ditunjukkan dengan beberapa uji hasil data. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen setelah dilakukan pretest dan posttest.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titleEfektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Disposisi Matematis Peserta Didiken_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record