Show simple item record

dc.contributor.authorNabilah, Wardatun
dc.date.accessioned2023-09-27T03:33:10Z
dc.date.available2023-09-27T03:33:10Z
dc.date.issued2023-08-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8131
dc.description.abstractKemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, sains, dan membaca beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dijadikan sebagai gambaran baik atau tidaknya kualitas pendidikan. Dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dibutuhkan kemampuan dalam merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasi matematika dalam berbagai konteks yang disebut sebagai literasi matematika. Dengan demikian, sangatlah penting mengaktifkan literasi matematika peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sampai saat ini matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, membosankan, bahkan menakutkan sehingga dapat memunculkan rasa cemas pada peserta didik dalam menghadapi matematika yang kemudian disebut sebagai kecemasan matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada kelompok faktor yang terbentuk dari sekumpulan variabel yang mempengaruhi kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP; (2) untuk mengetahui apabila ada kelompok faktor yang terbentuk, apakah ada hubungan antara masing-masing variabel yang mempengaruhi kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP terhadap kelompok faktor yang terbentuk. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Islam Pakis. Pemilihan sampel penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling pada peserta didik SMP Islam Pakis kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan soal tes dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor. Analisis faktor adalah salah satu metode statistika analisis multivariat yang digunakan untuk menganalisis data besar yang terdiri atas banyak variabel menjadi kumpulan Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, sains, dan membaca beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dijadikan sebagai gambaran baik atau tidaknya kualitas pendidikan. Dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dibutuhkan kemampuan dalam merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasi matematika dalam berbagai konteks yang disebut sebagai literasi matematika. Dengan demikian, sangatlah penting mengaktifkan literasi matematika peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sampai saat ini matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, membosankan, bahkan menakutkan sehingga dapat memunculkan rasa cemas pada peserta didik dalam menghadapi matematika yang kemudian disebut sebagai kecemasan matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada kelompok faktor yang terbentuk dari sekumpulan variabel yang mempengaruhi kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP; (2) untuk mengetahui apabila ada kelompok faktor yang terbentuk, apakah ada hubungan antara masing-masing variabel yang mempengaruhi kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP terhadap kelompok faktor yang terbentuk. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Islam Pakis. Pemilihan sampel penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling pada peserta didik SMP Islam Pakis kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan soal tes dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor. Analisis faktor adalah salah satu metode statistika analisis multivariat yang digunakan untuk menganalisis data besar yang terdiri atas banyak variabel menjadi kumpulanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAnalisis Faktoren_US
dc.subjectKecemasan Matematikaen_US
dc.titleAnalisis Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Matematika Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record