dc.description.abstract | Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, sains, dan
membaca beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dijadikan sebagai
gambaran baik atau tidaknya kualitas pendidikan. Dalam menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dibutuhkan kemampuan dalam
merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasi matematika dalam berbagai
konteks yang disebut sebagai literasi matematika. Dengan demikian, sangatlah
penting mengaktifkan literasi matematika peserta didik untuk memecahkan
permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sampai saat ini
matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, membosankan,
bahkan menakutkan sehingga dapat memunculkan rasa cemas pada peserta didik
dalam menghadapi matematika yang kemudian disebut sebagai kecemasan
matematika.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada kelompok
faktor yang terbentuk dari sekumpulan variabel yang mempengaruhi kecemasan
matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP; (2)
untuk mengetahui apabila ada kelompok faktor yang terbentuk, apakah ada
hubungan antara masing-masing variabel yang mempengaruhi kecemasan
matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP
terhadap kelompok faktor yang terbentuk.
Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian observasional
analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik SMP Islam Pakis. Pemilihan sampel penelitian
menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling pada
peserta didik SMP Islam Pakis kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan menggunakan soal tes dan kuesioner. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor. Analisis faktor
adalah salah satu metode statistika analisis multivariat yang digunakan untuk
menganalisis data besar yang terdiri atas banyak variabel menjadi kumpulan Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, sains, dan
membaca beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dijadikan sebagai
gambaran baik atau tidaknya kualitas pendidikan. Dalam menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dibutuhkan kemampuan dalam
merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasi matematika dalam berbagai
konteks yang disebut sebagai literasi matematika. Dengan demikian, sangatlah
penting mengaktifkan literasi matematika peserta didik untuk memecahkan
permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sampai saat ini
matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, membosankan,
bahkan menakutkan sehingga dapat memunculkan rasa cemas pada peserta didik
dalam menghadapi matematika yang kemudian disebut sebagai kecemasan
matematika.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada kelompok
faktor yang terbentuk dari sekumpulan variabel yang mempengaruhi kecemasan
matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP; (2)
untuk mengetahui apabila ada kelompok faktor yang terbentuk, apakah ada
hubungan antara masing-masing variabel yang mempengaruhi kecemasan
matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP
terhadap kelompok faktor yang terbentuk.
Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian observasional
analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik SMP Islam Pakis. Pemilihan sampel penelitian
menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling pada
peserta didik SMP Islam Pakis kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan menggunakan soal tes dan kuesioner. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor. Analisis faktor
adalah salah satu metode statistika analisis multivariat yang digunakan untuk
menganalisis data besar yang terdiri atas banyak variabel menjadi kumpulan | en_US |