View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Matematika Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika SMP

Thumbnail
View/Open
ANALIS~1.PDF (6.521Mb)
S2_PASCASARJANA_PENDIDIKAN MATEMATIKA_22102072010_WARDATUN NABILAH.pdf (1.453Mb)
Date
2023-08-09
Author
Nabilah, Wardatun
Metadata
Show full item record
Abstract
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, sains, dan membaca beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dijadikan sebagai gambaran baik atau tidaknya kualitas pendidikan. Dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dibutuhkan kemampuan dalam merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasi matematika dalam berbagai konteks yang disebut sebagai literasi matematika. Dengan demikian, sangatlah penting mengaktifkan literasi matematika peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sampai saat ini matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, membosankan, bahkan menakutkan sehingga dapat memunculkan rasa cemas pada peserta didik dalam menghadapi matematika yang kemudian disebut sebagai kecemasan matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada kelompok faktor yang terbentuk dari sekumpulan variabel yang mempengaruhi kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP; (2) untuk mengetahui apabila ada kelompok faktor yang terbentuk, apakah ada hubungan antara masing-masing variabel yang mempengaruhi kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP terhadap kelompok faktor yang terbentuk. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Islam Pakis. Pemilihan sampel penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling pada peserta didik SMP Islam Pakis kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan soal tes dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor. Analisis faktor adalah salah satu metode statistika analisis multivariat yang digunakan untuk menganalisis data besar yang terdiri atas banyak variabel menjadi kumpulan Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, sains, dan membaca beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dijadikan sebagai gambaran baik atau tidaknya kualitas pendidikan. Dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dibutuhkan kemampuan dalam merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasi matematika dalam berbagai konteks yang disebut sebagai literasi matematika. Dengan demikian, sangatlah penting mengaktifkan literasi matematika peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sampai saat ini matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, membosankan, bahkan menakutkan sehingga dapat memunculkan rasa cemas pada peserta didik dalam menghadapi matematika yang kemudian disebut sebagai kecemasan matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada kelompok faktor yang terbentuk dari sekumpulan variabel yang mempengaruhi kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP; (2) untuk mengetahui apabila ada kelompok faktor yang terbentuk, apakah ada hubungan antara masing-masing variabel yang mempengaruhi kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal literasi matematika SMP terhadap kelompok faktor yang terbentuk. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Islam Pakis. Pemilihan sampel penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling pada peserta didik SMP Islam Pakis kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan soal tes dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor. Analisis faktor adalah salah satu metode statistika analisis multivariat yang digunakan untuk menganalisis data besar yang terdiri atas banyak variabel menjadi kumpulan
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8131
Collections
  • MT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group